24 April 2019

Cara Mengatasi “NSIS Error ” di Windows 7/8/10 (Updated)

Fonetekno - Nullsoft Scriptable Install System atau sering disebut dengan NSIS merupakan sebuah sistem open source profesional untuk membuat install Windows. Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, dengan adanya aplikasi ini, maka kamu bisa membuat sebuah installer aplikasi. NSIS merupakan sebuah program berbasis script, dimana kita bisa membuat sebuah logika untuk membuat instalasi yang rumit.
Cara Mengatasi NSIS Error di Windows

Walaupun begitu, NSIS sering terjadi error terutama di sistem operasi Windows 7/8 hingga Windows 10, ada beberapa penyebab mengapa NSIS Error ini bisa muncul, seperti.

  • File yang di unduh sudah rusak (corrupt).
  • File yang di unduh sudah di modifikasi.
  • Ada masalah pada sistem operasi.
  • PC Anda terkena virus.
NSIS Error bisa juga muncul dengan pesan "Error launching installer" dimana installer mengalami kegagalan dalam proses instalasi, lalu bagaimana sih cara mengatasi error ini? Di artikel ini saya akan membagikan sebuah cara bagaimana cara mengatasi "NSIS Error" yang bisa dipraktekkan untuk semua sistem operasi Windows, mulai dari Windwos 7, 8 hingga Windows 10.

Cara Mengatasi NSIS Error di Windows 7,8, dan 10

Cara Mengatasi NSIS Error di Windows

Untuk mengatasi hal ini ada 3 cara yang bisa kita lakukan, yaitu.

1. Install Ulang Aplikasi NSIS

Cara yang pertama adalah dengan menginstall ulang aplikasi NSIS, kamu bisa mengunduhnya langsung di situs resmi dari NSIS, kamu bisa klik disini untuk mengunduhnya secara langsung.

2. Matikan Antivirus dan Ubah Nama File NSIS


Masih belum berhasil juga? Cobalah cara yang kedua, pertama silahkan matikan antivirus, untuk pengguna Avast, silahkan ikuti cara berikut ini.
  • Klik kanan pada aplikasi Avast yang ada di dalam taskbar tray di sebelah pojok kanan bawah.
  • Setelah itu pilih Avast Shield Control.
  • Lanjut pilih Disable.
Jika sudah, lanjut rename nama file NSIS menjadi satu kata, misal ubah menjadi warensis.exe, stelah itu jalankan proses instalasi.

3. Install NSIS Dari CMD (Command Prompt)

Selanjutnya jika masih belum berhasil, kamu bisa mengikut cara ketiga, yaitu menginstall NSIS melalui CMD (Command Prompt), cara yang ketiga ini merupakan salah satu cara yang paling ampuh.

Silahkan buka program CMD (Command Prompt), setelah itu masukkan program NSIS nya keluar jendela, lalu tambahkan perintah.
/NCRS
Lalu tekan Enter. tambahkan tanda spasi sebelum mengetik perintah /NCRS, atau bisa melihat gambar berikut.
Cara Mengatasi NSIS Error di Windows 7 8 10

Baca Juga:


Setelah itu cobalah untuk membuka lagi software installer nya, nah itulah 3 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi error "NSIS Error" di Windows 7,8 dan Windows 10, ada pertanyaan? Silahkan komentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon