23 April 2019

Cara Mengatasi Printer Canon Error E04, E05, E14 dan E15 (6 Langkah)

Fonetekno - Printer merupakan sebuah perangkat yang hingga saat ini masih sering digunakan, terutama untuk perkantoran dan juga sekolahan, banyak orang memanfaatkan printer untuk mencetak berbagai macam dokumen, mulai dari tugas sekolah dll. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali merk printer yang bisa kita pilih, namun yang paling sering digunakan adalah merk Canon.
Cara Mengatasi Printer Canon Error E04, E05, E14 dan E15

Sudah hampir belasan tahun printer Canon masih eksis di Indonesia, selain itu canon juga merilis beberapa macam atau tipe printer, dan salah satu yang terkenal adalah Canon Pixma Inkjet, namun usut punya usut ternyata ada banyak pengguna yang mengeluhkan kendala atau error pada printer ini.

Situs resmi dari Canon telah merilis sebuah pesan error dengan judul "The Fine Cartridge Cannot Be Recognized" pesan ini akan muncul ketika anda menggunakan Cartridge tinta yang KW atau palsu (tidak asli).

Nah, inti dari pesan error tersebut adalah, printer tidak bisa mengidentifikasi Cartridge sebagai Cartridge yang kompatibel.

Selain itu, kebanyakan printer canon menggunakan serangkaian kontak berwarna emas yang ada di bagian depan cartridge, dimana fungsi kontak ini adalah untuk titik kontak dengan cartridge, jika kontak ini terdapat kotoran, tinta, dan sebagainya, maka bisa menyebabkan muncul nya pesan error seperti Canon E04, E05, E14 dan E15.

Baca Juga:


Nah untuk mengatasi masalah error E04,E05,E14, dan E15 pada printer Canon ini ada 6 langkah yang bisa kita lakukan.

Cara Mengatasi Printer Canon Error E04, E05, E14 dan E15

Cara Mengatasi Printer Canon Error E04, E05, E14 dan E15

Misalnya disini saya asumsikan jika cartridge anda rusak, nah untuk mengatasi error E04,E05,E14 dan E15 ikuti cara berikut ini.
  • Copot atau keluarkan Cartridge dari Printer.
  • Setelah itu matikan printer dari tombol ON/OFF (Tidak boleh mematikan printer dari kabel karena bisa merusak printer).
  • Setelah itu periksa kabel cartridge untuk memastikan cartridge sudah dipasang dengan benar di printer anda.
  • Setelah itu bersihkan di bagian depan cartridge (pada bagian tembaga warna emas) menggunakan tisu.
  • Lanjut, tekan tombol ON pada printer untuk menyalakan printer.
  • Pasang kembali cartridge, setelah itu pastikan cartridge dipasang pada tempatnya dengan benar.
Dengan mengikuti cara diatas, seharusnya printer sudah bisa berjalan dengan baik, dan pesan error E014, E05, E14 dan E15 sudah tidak ada lagi, jika ada pertanyaan silahkan komentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon