7 April 2019

Cara Mengatasi "com.google.process.gapps" Telah Berhenti

Fonetekno - Proses com.google.process.gapps telah berhenti. Pada perangkat Android memang sudah tak asing lagi jika menemukan berbagai macam error, seperti error saat memperbarui aplikasi Play Store, bahkan hingga muncul error yang sulit dimengerti, yaitu "com.google.process.gapps" telah berhenti.
Cara Mengatasi com.google.process.gapps telah Berhenti

Error ini biasanya muncul ketika pengguna sedang melakukan multi tasking, tulisan lengkap errornya biasanya "Unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped" dan jika sudah muncul error ini, maka biasanya Google Play Service ataupun Google Play Store tidak berfungsi.

Jika sudah seperti ini, lalu bagaimana sih cara mengatasinya? Dan apa penyebab dari masalah ini?

Penyebab dan Cara Mengatasi com.google.process.gapps Telah Berhenti

Berikut ini adalah penyebab mengapa muncul error tersebut, sehingga membuat kita tidak bisa membuka Play Store.

Penyebab com.google.process.gapps Telah Berhenti

Error ini biasanya tidak hanya muncul ketika kita membuka aplikasi Play Store saja, namun terkadang akan muncul ketika kita membuka aplikasi lain, dan jika pesan errori ini sudah muncul maka akan menjadi masalah ketika kita menjalankan aplikasi lain.

Penyebab mengapa terjadi error com.google.process.gapps telah berhenti diakibatkan oleh rusaknya file yang ada di dalam aplikasi google, lalu bagaimana cara memperbaikinya? Simak tutorialnya berikut ini.

Cara Mengatasi com.google.process.gapps Telah Berhenti

Cara Mengatasi Process com android phone has stopped

Setidaknya ada 5 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini, dan semua cara dibawah berlaku untuk semua tipe smartphone android, mulai dari Asus, Oppo, Vivo, Sony, Xiaomi, dan juga Nokia, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

1. Restart Smartphone

Cara yang pertama adalah dengan melakukan restart pada smartphone, seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa salah satu penyebab mengapa munculnya error ini adalah karena ada bug atau kerusakan pada aplikasi, nah dengan melakukan restart, maka sistem android akan kembali fresh.

2. Hapus Data Google Play Service

Lanjut cara yang kedua adalah dengan menghapus data Google Play Service, menghapus data pada Google Play Service berfungsi agar semua data yang error akan diperbaiki secara otomatis pada saat kita membuka aplikasi Play Store, untuk melakukannya silahkan buka pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > layanan Google Play > hapus data.

3. Menghapus Data Android System Webview

Selanjutnya cara yang ketiga adalah dengan menghapus Android System Webview, caranya adalah buka pengaturan smartphone > manager aplikasi > android system webview > lalu klik hapus data.

4. Hapus Data Play Store

Lalu cara yang keempat adalah dengan menghapus data Play Store, tujuan dari menghapus data aplikasi Play Store adalah untuk mengembalikan settingan awal Play Store dan juga agar aplikasi mengupdate secara otomatis.

5. Hard Reset

Jika masih belum berhasil juga, itu berarti sistem operasi dari smartphone yang kamu miliki ada masalah, nah biasanya peringatan error ini akan muncul terus walaupun tidak menggunakan Play Store, untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara hard reset, kamu bisa baca kumpulan tutorial hard reset Android.
Nah, itulah beberapa tips dan trik bagaimama cara mengatasi "com.google.process.gapps" telah berhenti, jika ada pertanyaan silahkan komentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon