26 April 2019

Cara Mengatasi “Terjadi Kesalahan Saat Memeriksa Update” di Android & iOS

Fonetekno - Saat ini smartphone yang memiliki pembeli paling laris adalah Android dan iOS, banyak sekali perbedaan yang ada pada sistem operasi ini, salah satunya adalah aplikasi tokonya, jika di Android kita lebih mengenal Play Store, sedangkan di iOS (iPhone) lebih dikenal dengan AppStore.
Cara Mengatasi “Terjadi Kesalahan Saat Memeriksa Update” di Android & iOS

Kedua aplikasi ini merupakan pusat unduhan aplikasi untuk setiap smartphone, biasanya aplikasi ini terintegrasi langsung dengan smartphone, hal ini bertujuan agar aplikasi yang di unduh bisa lebih aman dan lebih mudah ketika ingin di update.

Untuk masalah sistem, tak ada perbedaan yang signifikan antara kedua aplikasi ini, terutama dalam hal error atau bug. Kedua aplikasi ini sering mengalami error, salah satunya adalah "Terjadi Kesalahan Saat Memeriksa Update" atau "An Error Occurred While Checking for a software update".

Masalah ini sering muncul ketika kita ingin mengupdate sebuah aplikasi, baik itu melalui app store maupun Play Store. Jika sudah seperti ini, lalu bagaimana sih cara mengatasinya? Nah, di artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi error update "Terjadi kesalahan saat memeriksa update" di Play Store maupun AppStore.

Cara Mengatasi “Terjadi Kesalahan Saat Memeriksa Update” di Android & iOS

Cara Mengatasi “Terjadi Kesalahan Saat Memeriksa Update” di Android & iOS

Untuk Android, ada beberapa langkah atau konfigurasi yang harus dilakukan, yaitu.

Cara Mengatasi "Terjadi Kesalahan Saat Memeriksa Update" di Android

  • Pertama, pastikan pengaturan tanggal dan waktu pada HP sudah sesuai dengan wilayah yang kamu tempati.
  • Kedua, pastikan smartphone tidak dalam keadaan root, kegiatan root merupakan kegiatan yang sangat beresiko, maka dari itu, ketika Google Mendeteksi ada akses root, maka secara otomatis Play Store akan memblokirnya.
  • Jika tidak bisa update melalui Play Store, cobalah untuk update melalui browser, dengan mengunduh aplikasi yang ingin di update dengan versi terbaru.
  • Jangan gunakan VPN ketika mengupdate aplikasi.
Silahkan ikuti semua tips yang saya berikan diatas, jika masih belum berhasil, silahkan ikuti cara berikut ini.
  • Restart smartphone.
  • Hapus Cache Play Store : masuk ke pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > Play Store > paksa berhenti > hapus cache.
Jika masih belum berhasil juga, dan masalah error "Terjadi kesalahan saat memeriksa update" masih muncul, coba untuk uninstall Play Store, lalu install lagi. Cara nya, masuk ke pengaturan smartphone > Application Manager > Google Play Store > Uninstall Updates. Kemudian Install kembali.

Dengan mengikuti cara diatas, Insya Allah masalah akan teratasi, namun jika masih belum berhasil juga cobalah untuk melakukan hard reset, silahkan baca artikel kumpulan tutorial hard reset, di artikel tersebut ada banyak sekali tutorial bagaimana cara hard reset di berbagai macam merk android.

Cara Mengatasi "Terjadi Kesalahan Saat Memeriksa Update" di iOS

Ada tiga tips yang bisa kita lakukan jika mengalami masalah error update di iOS.

Pertama

Pastikan sebelum melakukan update baterai sudah lebih dari 50% dan terhubung ke Wi-Fi, selain itu untuk proses update, lalu matikan WiFi sebentar, lanjut hidupkan lagi.

Kedua

Lanjut restart smartphone anda, jika cara pertama tidak berpengaruh.

Ketiga

Masalah terjadi kesalahan saat memeriksa update ini bisa juga disebabkan oleh konfigurasi jaringan, nah untuk mengatasinya silahkan atur ulang jaringan, buka Settings > General > Scroll kebawah Reset > Reset Network Settings.
Nah itulah beberapa tips atau tutorial bagaimana cara mengatasi masalah error "Terjadi Kesalahan Saat memeriksa update" di Android maupun iOS, jika ada pertanyaan silahkan komentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon