27 April 2019

Cara Mengatasi Your PC Ran into a Problem "Uncorrectable Error" di Windows

Fonetekno - Cara Mengatasi Whea Uncorrectable Error di Windows 8 dan Windows 10. Error Whea Uncorrectable Error ini sering sekali muncul di Windows 8 maupun Windows 10, biasanya akan ada tulisan lengkap berbahasa inggris, seperti Your PC ran into a problem and needs to restart, we're just collecting some error info, and then we'll restart for you.
Your PC Ran into a Problem Uncorrectable Error

Biasanya error ini muncul dengan tanda bluescreen, lalu sebenarnya apa sih error ini? Apa penyebab kenapa muncul error ini? dan bagaimana cara mengatasi blue screen ini? Usut punya usut error ini sering mucul karena CPU di overclock atau bisa juga karena CPU yang bekerja terlalu berat sehingga menimbulkan error.

Nah, di artikel ini saya akan memberikan tips dan trik bagaimana cara mengatasi Uncorrectable Error ini di Windows, baik itu Windows 8 maupun Windows 10, simak caranya berikut ini.

Cara Mengatasi Your PC Ran into a Problem "Uncorrectable Error" di Windows

Ada 5 cara untuk mengatasi error ini, yaitu.

Pertama : Check Disk Melalui CMD

Cara Mengatasi Your PC Ran into a Problem Uncorrectable Error

Cara yang pertama adalah dengan melakukan check disk atau pengecekan terhadap harddisk, hal ini bisa dilakukan melalui CMD (Command Prompt), Check Disk atau lebih sering dikenal dengan CHKDSK ini berfungsi untuk memverifikasi sekaligus memperbaiki segala macam bentuk error, nah jika ingin melakukan Check Disk silahkan ikuti cara berikut ini.
  • Tekan tombol Windows + R.
  • Setelah itu ketik CMD.
  • Jika jendela console sudah terbuka silahkan ketik kode.
chkdsk c:
Dengan melakukan cara diatas, seharusnya masalah uncorrectable error ini bisa teratasi, namun jika masih belum berhasil juga, silahkan ikuti beberapa cara dibawah ini.

Kedua : Matikan Overclock

Cara Mengatasi Your PC Ran into a Problem Uncorrectable Error

Cara yang kedua adalah dengan mematikan Overclock, seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa salah satu penyebab mengapa muncul error ini adalah karena overclocking, nah untuk itu kamu harus menonaktifkannya, caranya adalah melalui BIOS, silahkan ikuti caranya berikut ini.
  • Matikan PC/Laptop Anda.
  • Setelah itu masuk ke BIOS, biasanya tekan F2, silahkan sesuaikan sesuai merk laptop mu.
  • Lanjut masuk ke menu Performance, cari menu Overclock.
  • Lalu nonaktifkan Overclocking dan simpan pengaturannya.
  • Restart PC kamu.
Nah, dengan melakukan cara diatas maka overclock secara otomatis sudah dinonaktifkan, tapi biasanya di beberapa PC tidak ada opsi overclock, jika seperti ini cukup reset pengaturan BIOS nya saja.

Ketiga : Cek Hardware

Lanjut solusi yang ketiga untuk mengatasi masalah WHEA_UNCORRECTABLE_ERROR ini adalah dengan cek pada bagian hardware di PC milikmu, disini saya sarankan untuk melakukan pengecekan pada yang ahli, karena jika sudah menyangkut Hardware sangat beresiko, beberapa part yang harus di cek adalah Fan (Kipas), RAM, Harddisk ataupun kabel-kabel yang saling berhubungan.

Keempat : Update Driver

Langkah keempat adalah dengan mengupdate Driver dari PC milikmu, disini kamu harus mengunjungi situs resmi dari merk laptop atau PC mu untuk mengunduh driver terupdate, atau bisa juga menggunakan software driverpack. Untuk mengupdate driver, silahkan ikuti cara berikut ini.
  • Buka Control Panel.
  • Setelah itu klik Hardware & Sounds.
  • Lanjut klik Device Manger.
  • Carilah driver yang memiliki tanda kuning, lanjut klik kanan pada tanda tersebut klik Update Driver.

Kelima : Cek RAM Melalui Aplikasi

Cara Mengatasi Your PC Ran into a Problem Uncorrectable Error

Dan cara yang terakhir adalah dengan mengecek RAM dari PC mu melalui software atau aplikasi, disini kita menggunakan aplikasi MemTest 86 silahkan klik disini untuk mengunduh.
Jika sudah gunakan aplikasi tersebut lalu restart PC Anda.

Baca Juga:
Nah itulah beberapa cara bagaimana mengatasi error "Your PC Ran into a Problem (Uncorrectable Error)" di Windows, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon