30 April 2019

Cara Mengembalikan Icon Baterai Yang Tiba-Tiba Hilang di Windows 10

Fonetekno - Baru-baru ini saya sudah membahas beberapa artikel seputar Windows 10, dan salah satunya adalah tentang cahaya layar laptop yang tiba-tiba redup sendiri di tutorial tersebut saya menuliskan dimana caranya ada terletak pada menu baterai, namun ada satu masalah lagi dimana icon baterai pada Windows 10 yang tiba-tiba hilang.
Cara Mengatasi Icon Baterai Windows 10 Yang Hilang

Jika anda sedang dalam kondisi tidak charge laptop, tentu dengan hilang nya indikator baterai ini akan menyulitkan kita mengetahui sudah sampai berapa baterai terisi, selain itu kita juga tidak bisa membuka beberapa pengaturan jika icon baterai ini tidak ada.

Nah, jika sudah seperti ini, bisa saja penyebabnya adalah icon baterai tersebut secara tidak sengaja dinonaktifkan atau disembunyikan, biasanya secara otomatis icon baterai akan muncul di taskbar jika kita menghidupkan PC.

Cara Mengembalikan Icon Baterai Yang Tiba-Tiba Hilang di Windows 10

Cara Mengatasi Icon Baterai Windows 10 Yang Hilang

Ternyata untuk mengatasi masalah ini sangat gampang, dimana kita hanya perlu mengaktifkan kembali menu ikon baterai yang ada di pengaturan, nah untuk melakukannya silahkan simak tutorial lengkapnya berikut ini.

Langkah Pertama

Langkah paling awal adalah melakukan pengecekan pada icon baterai, apakah memang tersembunyi atau ada hal lain, untuk melakukanya silahkan ikuti cara berikut.
  • Klik kanan di Taskbar > Taskbar Setting.
  • Lanjut cari ikon baterai.
  • Lihat indikatornya apakah posisinya ON atau Off.
  • Tinggal ubah, lalu perhatikan apakah icon baterai sudah muncul atau belum.
Jika icon baterai masih belum muncul, silahkan ikuti cara berikut.

Langkah Kedua

Baca Juga:
Jika masih belum berhasil juga, maka kita akan mencoba cara untuk menonaktifkan lalu mengaktifkan kembali indikator baterai melalui Device Manager.
Cara Mengatasi Icon Baterai Windows 10 Yang Hilang
  • Klik Start.
  • Control panel > Hardware & Sounds > Device Manager > Batteries.
  • Lalu akan ada dua pilihan, yaitu Microsoft AC Adapter dan Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery.
  • Klik kanan pada Microsoft AC Adapter lalu pilih Disable Device.
  • Lalu klik kanan lagi pada Microsoft AC Adapter, pilih Enable lagi.
  • Jika sudah restart laptop milikmu.
Setelah melakukan proses restart, maka icon baterai akan muncul lagi di taskbar, nah itulah bagaimana cara mengatasi icon baterai yang hilang di Windows 10, jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk menulisnya di komentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon