16 April 2019

Cara Menghubungkan HP Android ke TV (4 Cara)

Fonetekno - Perkembangan teknologi handphone hingga saat ini masih terus berkembang, smartphone merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi, dimana dengan smartphone kita bisa melakukan berbagai macam hal dengan sangat mudah, bisa itu dalam bidang komunikasi ataupun pekerjaan lainnya.
Cara Menghubungkan HP Android ke TV

Saat ini umumnya ukuran layar smartphone android yang sering digunakan kisaran antara 4" inch hingga 6"inch, dengan ukuran segitu tentu sudah sangat cukup jika digunakan untuk menonton film, namun bagi beberapa orang, menonton film di layar 6" inch kurang mantap, dan lebih mantap menggunakan TV.

TV saat ini juga sudah beralih ke smart tv, dengan smart tv kita bisa menghubungkan smartphone ke TV, tentu bagi para pecinta film, fitur ini sangat berguna, karena kita bisa menghubungkan langsung, sehingga membuat pemutaran film menjadi lebih asik dan mantap, lalu bagaimana sih cara menghubungkan hp android ke TV? Simak tutorial nya berikut ini.

Cara Menghubungkan HP Android ke TV

Cara Menghubungkan HP Android ke TV

Setidaknya ada 4 cara yang bisa kita lakukan, berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Menggunakan Kabel HDMI

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan kabel HDMI, cara pertama ini merupakan cara paling umum jika ingin menghubungkan HP Android ke TV, pertama siapkan kabel HDMI to HDMI yang kompatibel dengan smartphone dan TV, jika sudah matikan TV lalu hubungkan smartphone ke TV menggunakan kabel HDMI yang sudah disediakan.

Kabel kecil yang terletak di ujung berfungsi untuk smartphone, sedangkan untuk kabel ujung besar untuk TV, jika sudah di pasang, nyalakan TV, lalu pindahkan saluran TV ke menu HDMI, jangan lupa untuk aktifkan menu HDMI Connection di smartphone.

2. Menggunakan Screen Mirroring

Lalu cara yang kedua adalah khusus untuk menyambungkan HP OPPO ke TV, dan juga menyambungkan HP Samsung ke TV, serta bisa menggunakan merk lainnya, jika merk smartphone dan TV kamu samsung, maka kamu cukup mengaktifkan fitur screen mirroring.

Selain itu, fitur ini juga ada di HP Samsugn ser S, seperti S5,S6,S7, dan S8, jika sudah maka langsung klik "source" lalu pilih "screen mirroring.

3. Menggunakan Chromecast

Lanjut cara yang ketiga adalah dengan menggunakan Chromecast, Chromecast merupakan sebuah aplikasi dari Google yang berfungsi untuk menghubungkan HP Android ke TV. Silahkan unduh aplikasi Chromecast melalui Play Store, setelah itu buka aplikasinya, lanjut pindahkan channel TV ke HDMI Mode, jika sudah masukkan kode yang muncul di layar TV pada aplikasi Chromecast, dan selesai.

4. Menggunakan All Share

Lalu cara yang keempat adalah menggunakan All Share, aplikasi ini memiliki fungsi yang 11-12 dengan Chromecast, dan untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus menggunakan smartphone dari merk Samsung Galaxy Series, serta memiliki perangkat Cast Allshare.

Baca Juga:
Pertama hubungkan perangkat cast Allshare ke TV menggunakan kabel HDMI, lanjut pindah ke HP Samsung, lalu sambungkan ke jaringan internet pada layar awal, geser menggunakan dua jari ke bawah, lalu buka Penaturan Cepat, lanjut buka Screen MIrroring, lalu HP akan mendeteksi perangkat, jika sudah terdeteksi pilih dongle AllShare Cast, input PIN yang tertera, selesai.

Itulah empat cara bagaimana menghubungkan HP Android ke TV, tinggal pilih cara mana yang paling mudah, jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon