5 April 2019

Cara Mengatasi Kontak SIM Android yang Tiba-Tiba Hilang (Tidak Terbaca)

Fonetekno - Kontak SIM Android hilang. Nomor kontak SIM merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi sebuah smartphone, karena jika sebuah smartphone tidak memiliki kontak, kita tidak akan bisa berkomunikasi, banyak orang yang mengalami masalah dengan kontak pada smartphone Android, salah satunya adalah kontak SIM yang tiba-tiba hilang.
Cara Mengatasi Nomor Kontak SIM Android Hilang Tidak Terbaca

Nomor Kontak SIM yang hilang tentu sangat menghambat pekerjaan kita, karena imbasnya kita tidak bisa melakukan kegiatan telepon ataupun SMS. Memang sih jika kita mengingat nomor kontak, kita masih bisa menghubungi seseorang yang kita tuju, namun hal ini tentu akan sangat memakan waktu.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi nomor kontak yang tiba-tiba hilang ini? Sebelum nya kita harus tahu terlebih dahulu, penyebab mengapa kontak hilang atau tidak bisa terbaca.

Penyebab dan Cara Mengatasi Nomor Kontak SIM Tiba-Tiba Hilang

Berikut ini ada tiga penyebab mengapa Nomor kontak smartphone tiba-tiba hilang.

1. Aplikasi Kontak Error

Penyebab pertama adalah aplikasi kontak error, seperti yang kita ketahui, bahwa di Android memerlukan sebuah aplikasi untuk menyimpan dan juga melihat kontak, nah tentu saja aplikasi ini tak luput dari error yang bisa menyebabkan kontak tiba-tiba menjadi hilang atau tidak terdeteksi.

2. Terkena Virus

Penyebab kedua adalah, smartphone yang anda gunakan terkena virus. Virus yang hinggap di Android bisa menyebabkan kontak menjadi tidak terdeteksi atau hilang, jika sudah seperti ini, kamu harus membersihkan virus menggunakan antivirus, atau bisa juga dengan melakukan proses hard reset.

3. Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Lalu penyebab terakhir adalah kartu SIM tidak terdeteksi, jika kartu SIM tidak terdeteksi maka semua nomor kontak yang tersimpan di SIM akan hilang, SIM yang tidak terdeteksi bisa juga disebabkan kartu yang rusak, atau bisa juga karena slot SIM yang rusak.

Diatas merupakan tiga penyebab mengapa nomor kontak SIM tiba-tiba hilang, lalu bagaimana solusinya? Simak tips dan trik cara mengatasinya berikut ini

Cara Mengatasi Nomor Kontak SIM Android Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi Nomor Kontak SIM Hilang Tidak Terbaca

Untuk mengatasi nomor kontak SIM yang hilang atau tidak terbaca, setidaknya ada 4 cara yang bisa kita lakukan, simak selengkapnya berikut ini.

1. Hapus Cache Aplikasi Kontak

Cara pertama adalah dengan menghapus cache, seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa salah satu penyebab mengapa kontak tidak terdeteksi adalah, mungkin karena ada sesuatu yang error pada aplikasi, untuk cara menghapus cache ikuti cara berikut ini.

Buka pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > cari aplikasi kontak > hapus cache.

2. Hapus Data Aplikasi Kontak

Langkah selanjutnya jika masih belum berhasil adalah dengan menghapus data aplikasi kontak, caranya hampir sama seperti yang diatas.

Buka pengaturan smartphone > aplikasi terinstall > cari aplikasi kontak > hapus data.

3. Mengatur Pengaturan Kontak

Cara ini berlaku untuk smartphone Oppo, jadi pada smartphone Oppo ada pengaturan dimana kita bisa mengatur jumlah kontak yang akan ditampilkan, simak caranya berikut ini.

Buka pengaturan smartphone > Kontak > Kontak Untuk di Tampilkan > lalu selanjutnya pilih Semua Kontak.

4. Restore Kontak SIM

Cara Mengatasi Nomor Kontak SIM Hilang Tidak Terbaca

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan fitur restore contact, fitur ini berlaku jika kamu sebelumnya sudah membackup kontak yang ada di smartphone.

Disarankan untuk selalu mengaktifkan fitur backup kontak, biasanya kontak akan di backup ke Google Drive, nah untuk mengembalikan kontak yang sudah terbackup, ikuti cara berikut.
Buka aplikasi kontak > pengaturan > backup & restore > restore contact nanti akan ada opsi untuk restore contact dari Google Drive.

Tips dan Trik Agar Nomor Kontak Tidak Hilang

Ada satu tips dan trik yang bisa kamu lakukan agar nomor kontak yang terdapat di smartphone tidak hilang, yaitu dengan selalu membackup kontak yang ada, baik itu backup ke Google Drive, maupun backup dengan format file.

Baca Juga:
Normalnya, setiap kali kita mensikronkan akun Google dengan smartphone, maka secara otomatis kontak akan ter backup ke dalam akun Google yang kita miliki.

Nah, itulah beberapa tips dan trik cara mengatasi nomor kontak SIM yang tiba-tiba hilang atau tidak terbaca, cara ini bisa dilakukan untuk semua tipe atau merk smartphone, mulai dari Xiaomi, Oppo, Samsung, Vivo, dan Asus.


EmoticonEmoticon