10 April 2019

Cara Mengatasi Fingerprint Yang Tidak Berfungsi Untuk Semua Android

Fonetekno - Saat ini fingerprint merupakan sebuah fitur wajib bagi setiap smartphone, karena dengan fitur ini smartphone kita akan lebih aman dari tangan-tangan nakal yang ingin mengetahui data pribadi yang ada di dalam smartphone. Walaupun begitu, ada beberapa tipe smartphone yang memiliki fingerprint sensor kurang sensitif sehingga sulit untuk digunakan.
Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi

Beberapa kasus ada juga yang fingerprint nya tidak berfungsi dengan baik dan benar, tentu jika sudah seperti ini akan sangat mengganggu, apalagi jika kita sering membuka smartphone, hal ini juga bisa terjadi di semua merk Android, seperti Xiaomi, Oppo, Sony, Vivo, Samsung dan Asus.

Penyebab mengapa fingerprint tidak berfungsi dengan baik, bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti, jari yang basah, sensor tidak berfungsi, atau ada bug (kerusakan) pada software fingerprint.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi masalah ini? Di artikel ini saya akan memberikan tips dan trik cara mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi untuk semua Android, simak berikut ini.

Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi di Semua Android

Setidaknya ada 7 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi, dan semua cara tersebut bisa untuk semua smartphone Android.

1. Pastikan Jari Kering

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa salah satu penyebab mengapa fingerprint tidak berfungsi adalah, karena jari yang basah, jadi sebelum menggunakan fingerprint pastikan jarinya kering ya.

2. Hapus Cache Android

Cara yang kedua adalah dengan menghapus cache android, caranya adalah dengan melalui mode recovery, berikut caranya.
  • Matikan smartphone dengan tekan tombol Power.
  • Setelah itu masuk ke mode recovery dengan menekan tombol Volume Atas + Power.
  • Lalu tunggu hingga mode recovery muncul, lalu pilih Wipe & Reset, dan pilih Wipe Cache.
  • Lanjut klik reboot.

3. Masuk ke Opsi Pengembang

Selanjutnya adalah dengan melalui setting fingerprint, caranya adalah cukup dengan membuka opsi pengembang, lalu pilih Nonaktifkan, lanjut jangan gunakan smartphone untuk sementara, lalu restart smartphone.

4. Bersihkan Sensor Sidik Jari

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan sensor sidik jari, biasanya penyebab mengapa fingerprint tidak berfungsi adalah karena sensor sidik jari yang kotor, maka dari itu cobalah untuk bersihkan sensor tersebut, menggunakan kain halus.

5. Hapus File

Buka file manager, lalu buka data / sistem / lanjut hapus dua file dengan ekstensi key "kunci" dan tiga file dengan kata "kunci pengaturan" dalam nama lengkapnya, selanjutnya pilih mulai ulang perangkat, dan sekarang tambahkan data sidik jari yang baru, cara ini hanya biisa berfungsi jik smartphone kamu sudah di root.

6. Upgrade Sistem Operasi

Selanjutnya hal yang bisa kita lakukan adalah denganm mengupgrade sistem operasi karena jika fingerprint tidak berfungsi bisa saja karena ada sebuah bug pada sistem operasi, nah biasanya pihak developer langsung mengadakan update, maka dari itu langsung buka update terbaru untuk mengupdate sistem operasi.

7. Hard Reset

Lalu cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan proses hard reset, jika kamu bingung bagaimana cara hard reset, kamu bisa baca artikel kumpulan tutorial hard reset.

Baca Juga:
Nah, itulah beberapa tips dan trik cara mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi untuk semua smartphone Android, jika ada pertanyaan silahkan komentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon