23 April 2019

Tips dan Trik Cara Mengatasi Touchscreen HP Error Sebagian

Fonetekno - Saat ini hampir semua smartphone sudah mengalami evolusi, jika pada awal tahun 2000an hingga 2008 kita masih sering menemukan HP dengan tombol, semenjak smartphone secara besar-besaran muncul, kini HP sudah tidak menggunakan tombol lagi, melainkan menggunakan touchscreen (layar sentuh).
Cara Mengatasi Touchscreen Android Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Beberapa merk smartphone terkenal di Indonesia sudah merilis berbagai macam tipe smartphone dengan layar touchscreen, seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, Asus hingga Sony. Namun walaupun teknologi smartphone sudah maju (canggih) tetap saja ada berbagai macam masalah dari HP dengan layar sentuh ini, salah satu nya adalah Touchscreen yang Error Sebagian.

Masalah touchscreen yang tidak berfungis atau touchscreen yang error sebagian ini sering dialami oleh banyak orang, lalu bagaimana sih cara mengatasi masalah ini? Di artikel ini saya akan membagikan sedikit tips dan trik bagiamana cara mengatasi Touchscreen Android yang errror sebagian.

Cara Mengatasi Touchscreen HP yang Error Sebagian

Cara Mengatasi Touchscreen Android Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Setidaknya ada 5 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi Toucscreen HP Android yang error sebagian, berikut adalah informasi selengkapnya.

1. Restart Smartphone

Cara pertama adalah dengan restart ponsel milikmu, pertama silahkan matikan smartphone, kira-kira hingga kisaran 30 detik - 1 menit, setelah itu baru hidupkan kembali, dengan melakukan restart maka sistem smartphone akan kembali di refresh sehingga semua error atau bug akan hilang.

2. Masuk ke Safe Mode

Masih error juga? Cobalah untuk masuk ke dalam mode "Safe Mode" untuk masuk ke safe mode, silahkan ikuti langkah nya berikut ini.
  • Matikan ponsel Android kamu terlebih dahulu.
  • Setelah itu tekan tombol "Power" setelah itu lepaskan tombol daya.
  • Jika sudah muncul logo android, lanjut tekan tombol "Volume Down"  hingga masuk ke "Safe Mode: ON".
  • Setelah itu jika ingin menonaktifkannya, ulangi semua langkah-langkah diatas, hingga muncul "Safe Mode: Off".
Silahkan ikuti cara diatas, dan coba apakah Touchscreen berfungsi normal atau masih tetap tidak berfungsi.

3. Aktifkan Rendering GPU

Hampir semua aplikasi diciptakan untuk tidak menggunakan rendering GPU yang berarti aplikasi tidak menggunakan processor grafis utnuk meningkatkan tampilan layar, hal ini juga bisa meningkatkan transisi UI sehingga membuat sentuhan menjadi lebih responsif. Nah untuk mengaktifkannya.
  • Buka pengaturan smartphone > Opsi Pengembang > Paksa Rendering GPU.
  • Atau bisa juga dengan mengunduh aplikasi rendering GPU di Play Store.

4. Kalibrasi Layar Sentuh

Cara Mengatasi Layar Sentuh Error Sebagian

Lalu lanjut cara yang keempat adalah dengan mengkalibrasi layar sentuh, disini saya sarankan untuk menggunakan aplikasi, kamu bisa mengunduhnya langsung di Play Store nama aplikasinya adalah Multi Touch Tester. Setelah itu ikuti semua langkah-langkahnya.

5. Hard Reset

Belum berhasil juga? Cobalah untuk melakukan hard reset pada smartphone, pastikan semua data yang ada di smartphone sudah di backup, jika bingung bagaimana cara hard reset pada smartphone, silahkan baca artikel "Kumpulan tutorial hard reset HP Android" .

Baca Juga:
Nah itulah 5 tips dan trik bagaimana cara mengatasi touchscreen HP Android yang error atau tidak bisa disentuh sebagian, jika masih belum berhasil juga ada kemungkinan hardware touchscreen dari smartphone milikmu sudah rusak, untuk mengatasinya maka kamu harus mengganti touchscreen.


EmoticonEmoticon