4 Mei 2019

Cara Mengatasi "Application has been blocked from accessing Graphics hardware"

Fonetekno - Ketika kita hendak membuka sebuah software, baik itu software pengolah video, grafis hingga software game, pastilah membutuhkan sebuah Graphic Card atau orang sering bilang dengan nama VGA. Karena jika tanpa hardware ini, kita tidak akan bisa membuka aplikasi, selain itu dibutuhkan juga sebuah driver untuk menyambungkan antara hardware dengan software, namun banyak pengguna yang mengeluhkan error "Application has been blocked from accessing Graphics hardware".
Cara Memperbaiki Error Application has been blocked from accessing Graphics hardware

Error ini sangat mengganggu karena bisa membuat VGA tidak berfungsi, dan efeknya membuat perangkat PC menjadi lebih lambat. Dari peringatan "Application has been blocked from accessing Graphics hardware" saat kita membuka aplikasi, kita bisa menyimpulkan bahwa ada sebuah aplikasi yang diblokir untuk menggunakan perangkat keras VGA.

Biasanya error ini sering terjadi ketika kita hendak membuka atau memainkan sebuah game. Game merupakan salah satu software yang memerlukan VGA, semakin tinggi kualitas dari sebuah game, maka semakin tinggi pula spesifikasi VGA yang dibutuhkan.

Di Artikel ini saya akan memberikan beberapa tips dan trik bagaimana cara mengatasi error "Application has been blocked from accessing Graphics hardware" ini.

Cara Mengatasi Error "Application has been blocked from accessing Graphics hardware"

Untuk mengatasi masalah ini setidaknya ada dua cara yang bisa kita lakukan, yaitu bisa dengan mengatur pengaturan VGA, bisa juga dengan menginstall ulang driver VGA, dan berikut adalah tutorial selengkapnya.

1. Mengatur Serta Memeriksa File Sistem

Cara Mengatasi Application has been blocked from accessing Graphics hardware

Walaupun kemungkinan besar error ini terjadi karena VGA yang tidak bekerja dengan baik, namun bisa juga error ini muncul karena ada sebuah file sistem yang hilang atau rusak, dan berikut ini adalah bagaimana cara mengatur dan juga memeriksa file sistem.

Pertama silahkan tekan Windows + R.
Cara Mengatasi Application has been blocked from accessing Graphics hardware

Lalu ketik CMD lanjut tekan enter.
Jika jendelanya sudah muncul ketik perintah berikut.
sfc /
scannow
Jika sudah tekan enter dan tunggu hingga proses scanning selesai, dengan melakukan scanning, maka sistem akan mendeteksi apakah terjadi sebuah kerusakan atau tidak, nah jika proses scanning sudah selesai, silahkan ketikkan perintah berikut ini.
dism /
Online / Cleanup-Image / Scanhealth
Tunggu hingga proses nya selesai, setelah itu restart PC anda, jika masih belum berhasil juga maka bisa ikuti cara kedua.

2. Install Ulang Driver VGA

Cara yang kedua adalah dengan menginstall ulang driver VGA milikmu, biasanya jika kamu membeli sebuah VGA biasanya sudah langsung tersedia kaset drivernya, namun bisa juga kamu mengunduh nya di situs resmi dari merk VGA milikmu.

Baca Juga:


Jika sudah silahkan ikuti cara berikut :

  • Koneksikan PC ke internet.
  • Buka Control Panel > Hardware & Sounds > Device Manager.
  • Setelah itu klik kanan pada VGA anda, setelah itu klik Update Driver.
Nah, dengan melakukan cara diatas maka error aplikasi tidak dibuka karena diblokir oleh VGA bisa teratasi, smeoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon