5 Mei 2019

Cara Mengatasi Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Saat Browsing

Fonetekno - Ketika anda sedang browsing di internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan peringatan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN, error ini sering muncul dan sangat mengganggu karena kita tidak bisa membuka situs yang kita tuju. Mengatasi Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN ini bisa dibilang sangat gampang.
Cara Mengatasi Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di PC dan Android

Sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana cara mengatasi Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN ada perlunya juga untuk kita ketahui apa itu DNS, DNS merupakan singkatan dari Domain Name Server, dimana DNS ini bertanggung jawab untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP yang sesuai dengan server.

Nah, ketika kita sedang mencari sebuah informasi di internet, tentu akan ada banyak situs yang bermunculan, nah masing-masing situs tersebut memiliki domain name dan juga dengan alamat IP. Untuk arti dari pesan error NXDOMAIN sendiri memiliki arti bahwa domain internet tidak bisa di selesaikan oleh sever DNS atau domain name, atau bisa dibilang Domain Non-Existent.

Cara Mengatasi Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Saat Browsing

Di artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi error ini, setidaknya ada 2 cara yang bisa kita lakukan, dan juga di cara terakhir kita akan mengatasi error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Saat Browsing di Android.

1. Merubah Alamat DNS

Cara yang pertama adalah dengan merubah alamat DNS, berikut ini beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk merubah alamat DNS.
  • Pertama klik Start > Control Panel > Network and Sharing Center > Change Adapter Settings.
  • Setelah itu klik kanan pada jaringan yang aktif, setelah itu Prooperties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IP) > Lanjut klik properties > di kolom "User Following DNS server Addresses" isikan DNS 8.8.8.8; Alternatif DNS 8.4.4.4 kemudian klik OK.
Cara Mengatasi Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di PC

2. Flush DNS

Untuk cara yang kedua ini kita akan menggunakan CMD (Command Prompt) untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti cara berikut ini.

  • Klik Start.
  • Pada kolom pencarian tulis CMD.
  • Jika hasilnya sudah muncul klik kanan > Run As Administrator.
  • Selanjutnya silahkan ketika perintah.
Ipconfig / flushdns
Jika sudah ditulis langsung saja tekan enter, lalu tunggu hingga proses nya selesai, nah diatas merupakan cara untuk versi PC, dibawah ini saya berikan bagaimana cara mengatasi error  DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di Android.

Cara Mengatasi Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di Android

Untuk mengatasi masalah ini di Android, caranya sedikit agak ribet, silahkan ikuti langkah-langkah nya berikut ini.
  • Silahkan buka pengaturan smartphone > jaringan seluler.
  • Setelah itu klik menu ubah jaringan.
  • Klik opsi lanjutan dengan memilih menu "tampilkan opsi lanjutan".
  • Jika sudah pilih static yang letaknya dekat dengan pengaturan IP.
  • Setelah itu di DNS1 dan DNS2 ketik alamat IP DNS seperti gambar dibawah.
Cara Mengatasi Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di Android

Baca Juga:
Nah, itulah beberapa cara bagaimana mengatasi error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN di PC maupun di Android, semoga dengan adanya artikel ini, masalah error tersebut bisa teratasi, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat ya.


EmoticonEmoticon