6 Mei 2019

Cara Mengatasi “Error retrieving information from server RH-01” di Play Store

Fonetekno - Saat kita menggunakan smartphone Android, sudah pasti kita tidak akan bisa terhindar dari yang namanya error, beberapa error yang sangat mengganggu adalah seperti, Play Store tidak bisa update, bahkan hingga muncul error yang sulit dimengerti, yaitu Error retrieving information from server RH-01.
Cara Memperbaiki Error retrieving information from server RH-01

Error ini sering sekali muncul ketika kita hendak menginstall ataupun memperbarui aplikasi melalui Play Store, jika ada masalah tak jarang muncul pesan error "retrieving information from server RH-01" ini.

Biasanya error ini sering muncul jika kamu menggunakan smartphone dengan ROM yang bukan resmi / custom ROM. Menurut saya disarankan untuk tidak sembarangan melakukan custom ROM, karena menurut pengalaman yang saya alami, custom ROM memiliki banyak sekali bug yang sulit untuk diperbaiki, selain itu semakin sering kita melakukan custom ROM maka akan membuat smartphone menjadi lebih cepat rusak.

Mungkin kita akan mengira bahwa pesan error ini ada hubungannya dengan server Google Play Store, namun sepertinya masalah error ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan server, dan kita bisa memperbaikinya secara manual.

Cara Memperbaiki “Error retrieving information from server RH-01” di Play Store

Cara Memperbaiki Error retrieving information from server RH-01

Nah, di artikel ini, saya akan memberikan 3 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi error ini, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Cara Pertama : Atur Waktu dan Tanggal

Cara pertama adalah mengatur waktu dan tanggal dari smartphone milikmu, caranya sangat mudah, silahkan ikuti cara-caranya berikut ini:
  • Buka pengaturan Smartphone.
  • Cari menu Waktu & Tanggal, setelah itu sesuaikan dengan waktu dan tanggalmu saat ini.
Jika kamu menggunakan Android dengan sistem Oreo, maka menu waktu & tanggal ini ada di menu sistem, jika ingin lebih simpel atur saja waktu dan tanggal nya menjadi otomatis.

Cara Kedua : Hapus Data Google Play Store

Lanjut cara yang kedua adalah dengan menghapus data atau menghapus cache dari Google Play Store, silahkan ikuti caranya berikut ini.
  • Buka pengaturan smartphone.
  • Lanjut pilih menu Aplikasi Terinstall.
  • Cari Google Play Store, setelah itu klik Paksa Berhenti.
  • Jika sudah langsung saja klik Hapus Data.
Atau jika tidak ingin menghapus data, cobalah untuk menghapus cache terlebih dahulu.

Cara Ketiga : Mengatur Akun Google

Cara Memperbaiki Error retrieving information from server RH-01

Baca Juga:


Cara yang ketiga adalah dengan mengatur akun Google, caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menghapus akun Google setelah itu menambahkannya kembali, ikuti caranya berikut ini.
  • Buka pengaturan smartphone.
  • Setelah itu cari menu Pengguna & Akun.
  • Setelah itu cari opsi Akun Google.
  • Klik akun yang ingin dihapus, setelah itu klik opsi titik tiga yang ada di pojok kanan atas, lanjut klik hapus akun.
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki error retrieving information from server RH-01 di Play Store, jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar, jangan lupa untuk share artikel ini, semoga bermanfaat ya.


EmoticonEmoticon