5 Mei 2019

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi dan Sinyal Hilang di Android (Update Terbaru)

Fonetekno - Setelah sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana cara memperbaiki Imei ponsel yang null atau tidak valid, di artikel ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi SIM Card yaang tidak terdeteksi atau sinyal hilang di Android. Kartu SIM yang tidak terdeteksi tentu akan sangat menjengkelkan karena kita tidak bisa berkomunikasi, karena sinyal hilang.
Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi dan Sinyal Hilang di Android

Biasanya hal ini terjadi karena ada kesalahan saat anda memasukkan kartu SIM, dimana saat anda memasukkan kartu SIM tidak tepat, nah hal inilah yang membuat kartu SIM menjadi tidak terdeteksi, selain itu ada penyebab lain, seperti adanya error atau bug pada perangkat lunak.

SIM yang tidak terdeteksi ini juga bisa menjangkit di beberapa merk smartphone, misal pada merk Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung hingga Sony, nah karena masalahnya sangat mengganggu maka kita akan mencoba untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi dan Sinyal Hilang di Android (Update Terbaru)

Di artikel ini setidaknya ada 6 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kartu SIM yang tidak terdeteksi, sehingga menyebabkan sinyal hilang, berikut adalah tutorial selengkapnya.

1. Memeriksa Kondisi SIM Tray

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi dan Sinyal Hilang di Android

Cara yang pertama adalah dengan memeriksa kondisi SIM Tray, seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa salah satu penyebab terjadinya masalah ini adalah, karena ada kesalahan ketika kita memasukkan kartu SIM ke smartphone, bisa jadi kondisi SIM Tray yang tidak baik dan cenderung berdebu, sehingga kartu SIM tidak terdeteksi.

Langkah awal untuk mengatasinya adalah, silahkan bersihkan SIM Tray dengan cara meniupnya atau membersihkan kuningan pada SIM Card, bersihkan secara lembut dan dengan hati-hati agar tidak rusak, setelah itu cobalah masukkan kembali kartu SIM dan lihat apakah sudah terdeteksi atau belum.

2. Restart Smartphone

Lanjut cara yang kedua adalah dengan cara restart smartphone milikmu, seperti yang kita ketahui dengan merestart, itu berarti smartphone milikmu di segarkan kembali menjadi seperti semula, biasanya dengan melakukan restart, setiap bug ataupun error akan hilang, jika masih belum berhasil juga silahkan ikuti cara nomor tiga.

3. Atur Jaringan ke Mode Otomatis

Lanjut cara yang ketiga adalah dengan mengatur pengaturan jaringan ke mode otomatis, dengan melakukan cara ini, secara otomatis smartphone kamu bisa terhubung ke jaringan, jangan atur jaringan 4G Only atau 3G Only, karena jika kita bepergian ke daerah yang tidak terjangkau akses jaringan 4G maupun 3G, maka sinyal akan hilang.

4. Ke Mode Pesawat

Jika kasusnya adalah sinyal hilang, maka cobalah untuk beralih ke mode pesawat, dengan melakukan cara ini banyak orang yang berhasil mengembalikan sinyal yang hilang, caranya cukup mudah, cukup klik mode pesawat (Airplane Mode) setelah itu tunggu selama 30 detik, jika sudah matikan lagi mode pesawat.

Tujuan dari menggunakan mode pesawat ini adalah, perangkat akan mencari jaringan secara otomatis, jika kita menggunakan metode matikan data seluler, maka tidak akan ada pencarian jaringan otomatis.

5. Mengatur Operator Jaringan

Masih belum berhasil juga? Silahkan mengatur operator jaringan melalui settings smartphone, caranya adalah.
  • Buka pengaturan smartphone.
  • Setelah itu pilih menu jaringan & internet.
  • Lanjut pilih jaringan seluler.
  • Lalu pada menu network pilih jaringan yang sesuai dengan provider yang kamu pakai.
Setelah itu cobalah lihat apakah sudah berhasil atau belum, jika masalahnya adalah karena sinyal hilang, silahkan ikuti cara berikut.
  • Ketik kode *#*#4636#*#*.
  • Nanti akan muncul menu pengujian.
  • Setelah itu langsung klik menu Informasi Perangkat.
  • Lanjut lakukan tes ping.
  • Pilih GSM Auto (PRL).
  • Lalu matikan radio.
  • Lanjut hidupkan kembali.

6. Hard Reset

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi dan Sinyal Hilang di Android

Jika masih belum berhasil juga, silahkan lakukan hard reset, di blog ini saya sudah menulis banyak sekali artikel seputar hard reset, jadi tinggal search saja di kolom pencarian, atau bisa klik halaman kumpulan tutorial hard reset.

Nah diatas merupakan tutorial bagaimana cara mengatasi SIM Card yang tidak terdeteksi dan juga tutorial bagaimana cara mengatasi sinyal yang hilang.

Update

Disini saya akan memberikan informasi tambahan mengenai bagaimana cara mengatasi SIM Card yang tidak terdeteksi, ada beberapa pertanyaan yang sering dialami oleh banyak pengguna, yaitu.

Kartu SIM Tidak Terdeteksi Setelah Upgrade Versi Android


Kasus yang pertama ini banyak sekali yang mengalami tiba-tiba kartu SIM tidak terdeteksi setelah mengupdate versi Android, disini saya sarankan untuk mengupgrade sistem dengan ROM resmi dari merk smartphone kamu, jangan sekali-kali menggunakan ROM yang di download melalui internet secara asal.

Berikut ini adalah sedikit tutorial bagaimana cara mengatasi masalah ini.
  • Pertama setelah melakukan update, restart terlebih dahulu smartphone anda.
  • Setelah itu buka lalu masukkan kembali SIM Card nya.
  • Jika sudah lakukan hard reset.

Kartu SIM Tidak Terdeteksi Karena Tercebur Air

Lalu untuk kasus kartu SIM tidak terdeteksi karena tercebur air, pastikan smartphone anda ketika tercebur tidak terlalu lama di dalam air, namun jika tercebur sudah mencapai 1 menit, maka bisa dipastikan akan ada masalah pada hardware.

Baca Juga:
Jika tercebur hanya beberapa detik saja, maka cobalah untuk lepas semua kartu SIM yang terpasang, setelah itu keringkan hingga benar-benar kering, atau bisa juga dengan menaruh nya di beras, selama beberapa jam, setelah itu cobalah kembali masukkan kartu SIM dan hidupkan smartphone.

Kartu SIM Tidak Terdeteksi Setelah Custom ROM

Jika kasus nya kartu SIM tidak terdeteksi karena setelah melakukan custom rom, maka disarankan untuk membawanya ke konter terdekat untuk diperbaiki, karena untuk masalah ini sedikit ribet, pengalaman saya dulu sejak menggunakan smartphone Lenovo A369i pernah mengalami masalah ini, namun saya bisa mengatasinya dengan menggunakan Fix Baseband, silahkan searching di internet Fix Baseband untuk merk smartphone yang kamu miliki.
Catatan : Sebelum melakukan custom ROM disarankan untuk membackup semua data, termasuk membackup IMEI yang tercantum di smartphone milikmu.
Nah, itulah beberapa tutorial bagaimana cara mengatasi kartu SIM yang tidak terdeteksi ataupun sinyal hilang di Android, jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon