5 Mei 2019

Cara Mengatasi Bluescreen Error System Service Exception di Windows 10

Fonetekno - Windows 10 menjadi sistem operasi rilisan terakhir dari Microsoft, sistem operasi ini dipercaya memiliki performa yang lebih tinggi ketimbang pendahulunya, Windows 8 dan Windows 7. Namun dilihat dari faktanya banyak ditemukan error pada sistem operasi Windows 10, seperti blue screen Uncorrectable Error bahkan hingga error System Service Exception.
Cara Mengatasi Error System Service Exception di Windows 10

Error yang satu ini sering sekali dialami oleh banyak pengguna, biasanya pesan error yang muncul adalah, sebuah tampilan Bluescreen dengan pesan error SYSTEM SERVICE EXCEPTION. Error ini sering dan sudah umum terjadi.

Untuk mengatasi masalah ini ternyata sangat mudah, dan tak perlu cara yang ribet, diartikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengatasi Bluescreen System Service Exception di Windows 10.

Cara Mengatasi Bluescreen System Service Exception di Windows 10

Setidaknya ada 3 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi error ini, mulai dari memperbaiki melalui CMD (Command Prompt) hingga memperbaiki antivirus, dan berikut adalah tutorial lebih lengkapnya.

1. Memeriksa File Sistem Menggunakan CMD

Cara yang pertama adalah dengan memeriksa file sistem menggunakan CMD, error System Service Exception ini bisa disebabkan oleh adanya file sistem yang rusak, disini kita akan menggunakan perintah CMD, silahkan ikuti langkah-langkah nya berikut ini.

1. Klik Start lalu pada pencarian ketik CMD.
2. Setelah itu klik kanan pada program dan pilih Run As Administrator.

3. Jika sudah silahkan ketik perintah berikut.
chkdsk /f /r
Setelah itu tekan Enter.
4. Lalu tulis huruf "Y" dan enter.

Dengan melakukan cara diatas, maka secara otomatis sistem akan mengecek apakah ada sebuah file sistem yang rusak atau tidak, biasanya pemeriksaan ini membutuhkan waktu 15-30 menit, jadi disarankan untuk tetap menunggu dan jangan restart PC anda.

2.  Memperbaiki File Yang Telah di Install

Jika masih belum berhasil juga,dan error blue screen SYSTEM SERVICE EXCEPTION masih muncul, maka bisa jadi dikarenakan ada perubahan setting pada sistem Windows 10 anda. Misalnya saja anda baru saja menginstall sebuah program, maka disarankan untuk uninstall terlebih dahulu software tersebut.

3. Matikan Antivirus

Cara Mengatasi Error System Service Exception di Windows 10

Lanjut cara yang ketiga adalah dengan mematikan program antivirus, misalnya saja jika anda menggunakan Windows Defender, maka cobalah untuk matikan antivirus tersebut, atau uninstall software tersebut, selain itu saya sarankan untuk tidak menggunakan Avast, karena antivirus ini setiap kali mendeteksi sebuah virus di sebuah file, maka secara otomatis antivirus ini menghapus beserta file yang terdeteksi tersebut.

Baca Juga:
Itulah 3 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi Bluescreen error System Service Exception di Windows 10, jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon