27 Juni 2019

Cara Mengatasi Error 1962: No Operating System Found (3 Langkah)

Fonetekno - Memperbaiki Error 1962: No Operating System Found. Ketika menghidupkan tombol power pada komputer tiba-tiba muncul pesan error Error 1962: No Operating System Found. Jantung deg-degan ada apa dengan komputer ini? Pasti Anda akan langsung panik karena dekstop tidak muncul malah muncul pesan error.
Cara Mengatasi Error 1962 No Operating System Found
Padahal Anda mungkin ingin mengerjakan tugas, nonton fim, atau pekerjaan lainnya. Eeits.. jangan buru-buru dibawa ke tempat sevice atau di instal ulang. Code Error 1962: No Operating System Found bisa terjadi adalah akibat system operasi yang tidak terbaca oleh sistem, penyebabnya bisa dikarenakan kabel SATA yang kendor atau bisa juga karena masalah software.

Maka hal petama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kabel SATA harddisk apakah kendor, coba Anda cabut kabel sata kemudian tiup lubang kabel tersebut dikhawatirkan ada debu yang menutupi. jika dirasa sudah bersih colokan kembali kabel sata tersebut ke socket harddisk. Kemudian Anda hidupkan kembali komputer nya dan liat hasilnya.

Jika masih memunculkan code error yang sama, coba Anda ganti kabel SATA tersebut. Kamu bisa pinjam dengan teman atau bisa juga beli dengan kabel yang baru. Lalu cek hasilnya apakah masalah sudah bisa teratasi atau belum, nah jika masih memunculkan pesan error yang sama, coba Anda ikuti 3 langkah dibawah ini untuk lakukan perbaikan Error 1962: No Operating System Found.

Cara Memperbaiki Masalah Error 1962: No Operating System Found

Cara Mengatasi No Operating System Found

Ada 3 cara yang bisa kita lakukan, dan ketiga cara yang saya tulis dibawah bisa diaplikasikan untuk semua sistem operasi, seperti Windows 7, Windows 8, ataupun Windows 10, simak caranya berikut ini.

1. Mengatur Urutan Boot Pada Bios Secara Benar

Ada kemungkinan munculnya Error 1962: No Operating System Found adalah karena urutan boot pada bios anda tidak benar yaitu komputer melakukan boot dari sumber lain yang tidak memiliki sistem operasi.

Hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mengatur boot pada bios dimana harddisk sebagai prioritas utama dalam urutan boot. Jika Anda memiliki dua harddisk dalam komputer maka Anda harus memilih harddisk yang terdapat sistem operasi, untuk itu ikuti langkah berikut :
  • Hidupkan komputer kalian ketika muncul tampilan post, kalian tekan tombol DEL atau F2 pada keyboard kalian berulang kali hingga masuk kedalam menu bios.
  • Setelah berada dalam menu bios kalian pilih tab yang bertuliskan Boot dengan menggunakan tanda panah pada keyboard.
  • Selanjutnya kaian pastikan harddisk yang berisi sistem operasi ditetapkan sebagai prioritas utama dalam urutan boot.
  • Setelah melakukan perubahan pada boot, langkah selajutnya kalian arahkan tanda panah pada keyboard kalian ke tab Stratup kemudian ruba setiingannya seperti dibawah ini.
Urutan Booting Utama 
CSM: [Enable] 
Mode Booting: [Otomatis] 
Prioritas Boot: [UEFI First] 
Quick Boot: [Enable] 
Boot up Num-lock Status: [Aktif]
Setelah semua langkah telah dilakukan tekan F10 pilih Yes untuk menyimpan perubahan settingan pada bios.

2. Melakukan Repair Otomatis

Tahapan untuk melakukan repair otomatis adalah sebagai berikut.
  • Siapkan DVD windows yang sama dengan windows yang dipakai komputer sebelumnya.
  • Masukan DVD windows kedalam DVD rom kemudian restart komputer kalian kemudian masuk kedalam menu bios.
  • Setelah masuk kedalam menu bios kalian rubah booting pertama menjadi DVD rom.
  • Kemudian tekan F10 lalu pilih Yes, Biarkan laptop/ komputer booting ke DVD, ketika ada perintah “Press Any Key....” kalian tekan salah satu tombol apa saja yang ada di keyboard.
  • Setalah kalian samapai pada menu Windows Setup kalian klik next kemudian arahkan cursor kalian ke arah sebelah ujung kiri bawah dan klik tulisan “ Repair Your Computer”.
  • Kemudian kalian piih Troubleshoot.
  • Kemudian pilih Advanced Options.
  • Kemudian kalian pilih Automatic Repair Or Startup Repair.
  • Tunggu hingga Windows Automatic/ Starup Repair selesai.
  • Terakhir restart komputer.

3. Mengaktifkan Boot UEFI

  • Hidupkan komputer kalian ketika muncul tampilan post, kalian tekan tombol DEL atau F2 pada keyboard kalian berulang kali hingga masuk kedalam menu bios.
  • Pada menu bios kalian pilih tab Startup kemudian setting seperti yang dibawah ini:
Ubah opsi daftar boot ke UEFI
Nonaktifkan opsi Load Legacy ROM
Aktifkan Secure boot
Setelah semua langkah telah dilakukan tekan F10 pilih Yes untuk menyimpan perubahan settingan pada bios.

Baca Juga:


Itulah beberapa langkah yang bisa kalian ikuti untuk mengatasi Error 1962: No Operating System Found. Jika langkah-langkah yang sudah dipaparkan tidak berhasil. Maka kalian harus melakukan instal ulang atau mengganti harddisk kalian.


EmoticonEmoticon