13 Juni 2019

Cara Mengatasi Error 7 TWRP Saat Recovery di Android

Fonetekno - Sistem operasi Android merupakan sebuah sistem yang sangat fleksibel, karena Android memiliki sifat Open Source, artinya kita bisa dengan bebas merubah isi dari sistem Android tersebut. Biasanya hal ini lebih dikenal dengan Custom ROM. Pada prakteknya ada banyak sekali metode yang bisa kita gunakan untuk melakukan Custom ROM salah satunya adalah dengan menggunakan TWRP.
Cara Mengatasi Error 7 TWRP Saat Recovery di Android

TWRP merupakan sebuah sistem recovery dimana kita bisa merubah ROM dari smartphone Android, namun ketika hendak melakukan custom ROM ini banyak yang mengalami error, seperti TWRP "Status 7" hal ini bisa disebabkan karena ada ketidak cocokan antara ROM dengan smartphone.

Misalnya gini, kamu memiliki hp Xiaomi Redmi 7 tapi kamu ingin menginstall ROM dari Xiaomi Redmi Note 7, tentu akan muncul error yaitu Status 7.

Lalu bagaimana sih cara memperbaiki error 7 TWRP ini? Disini saya sudah merangkum tutorial memperbaiki error 7 TWRP saat recovery Android.

Cara Mengatasi Error 7 TWRP Saat Recovery di Android

Cara Mengatasi Error 7 TWRP Saat Recovery di Android

Sebelum lanjut ke inti, saya ingin menyampaikan sesuatu.
Kegiatan custom rom merupakan hal yang sangat beresiko, karena jika gagal melakukan custom rom, smartphone kamu bisa rusak, seperti bootloop atuapun hardbrick.
Jika sudah mengetahui konsekuensi dari custom rom, silahkan ikuti cara berikut ini untuk mengatasi masalah error 7 pada TWRP.

1. Disini kita harus menggunakan Laptop atau PC, setelah itu copy ROM Android yang kamu punya ke PC, lalu ekstrak.
2. Setelah itu, silahkan buka folder / direktori META-INF/com/google/android directory, lanjut cari file "update-binary" dan "updater-script".
Cara Memperbaiki Error 7 TWRP Android

3. Selanjutnya ubah nama atau rename file "updater-script" jadi "updater-script.txt" jika sudah klik kanan filenya open with notepad.
Cara Memperbaiki Error 7 TWRP Android

4. Setelah itu perhatikan gambar dibawah, lalu hapus yang script yang dilingkar merah, jika sudah langsung saja klik save file.
Cara Memperbaiki Error 7 TWRP Android

5. Selanjutnya ubah kembali file "updater-script.txt" menjadi "updater-script" kembali lagi ke folder sebelumnya, buat zip kembali pada file rom yang sudah di ekstrak tadi.

Baca Juga:


Nah, itulah tutorial bagaimana cara mengatasi error 7 TWRP saat recovery di Android, ada pertanyaan? Silahkan komentar.


EmoticonEmoticon