25 Juni 2019

Cara Mengatasi Smart Hard Disk Error 301 (Gampang Banget)

Fonetekno - Memperbaiki error Smart Hard Disk Error 301. Sistem operasi pada komputer tentu tidak lepas dari yang namanya error, misalnya saja error system exception di Windows 10. Walaupun terdapat error, biasanya tidak semua error berakibat fatal, namun ada satu error yang bisa cukup fatal, yaitu Smart Hard Disk Error 301.
Cara Mengatasi Smart Hard Disk Error 301
Error ini sangat mengganggu, biasanya pesan lengkap dari error Smart Hard Disk Error 301 ini isinya seperti berikut:
The SMART Hard Disk check has detected an imminent failure. To ensure no data lose, please backup the content immediately and run the hard disk test in system diagnostic. Hard Disk 1 SMART (301), want to continue press enter.
 Mengapa hal ini bisa terjadi? Error ini bisa disebabkan karena komputer sedang menjalani proses booting, dan beberapa penyebab yang sering timbul adalah.

  • Fitur Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology (SMART) yang aktif, fitur ini merupakan sebuah sistem analisis yang berfungsi untuk menampilkan pesan jika ada masalah pada harddisk.
  • Error ini juga bisa disebabkan oleh adanya virus atau malware.
Lalu bagaimana sih cara memperbaiki error ini? Berikut ini saya sudah rangkum beberapa cara untuk mengatasi error Smart Hard Disk Error 301.

Cara Mengatasi Smart Hard Disk Error 301

Cara Mengatasi Smart Hard Disk Error 301

Berikut ini sudah saya rangkum 3 cara mengatasi smart Hard Disk Error 301, yang bisa diaplikasikan di Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10.

1. Diagnostics Hard Disk Melalui BIOS


Cara yang pertama adalah dengan melakukan diagnosa melalui BIOS caranya cukup mudah.
  • Copot kabel hard disk, setelah itu pasang kembali dan hidupkan komputer.
  • Lanjut masuk ke BIOS.
  • Masuk ke menu "Diagnostics" setelah itu lakukan testing pada Hard Disk, tunggu hingga prosesnya selesai.
Dengan melakukan cara diatas, maka BIOS akan mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan hardware secara otomatis, setelah itu cobalah untuk booting ke Windows.

2. Lakukan Check Disk

Cara Mengatasi Smart Hard Disk Error 301
Jika masih belum berhasil, cobalah untuk lakukan check disk, pertama silahkan masuk ke sistem operasi, jika tidak mau booting, bisa menggunakan Flashdisk atau CD yang didalamnya sudah ada Windows nya.

Lakukan Booting ke Flashdisk atau CD, setelah itu masuk ke Mode Recovery lalu buka CMD (Command Prompt).
Ketik perintah "chkdsk" *tanpa tanda petik lalu tekan enter.
Setelah itu lanjutkan dengan mengetik perintah
"chkdsk /f/r" *tanpa tanda petik lalu tekan enter. 
Jika proses Check Disk sudah selesai, cobalah untuk booting ke Windows dan lihat apakah masih ada error atau tidak.

Biasanya dengan melakukan dua cara diatas, masalah Smart Hard Disk Error 301 sudah bisa teratasi, namun jika masih belum berhasil juga ada kemungkinan masalahnya di hardware, untuk itu cobalah lakukan.

3. Ganti Hard Disk

Lalu cara yang ketiga adalah dengan mengganti hard disk menggunakan yang baru, jika didalam nya terdapat data penting, lakukanlah backup menggunakan sistem operasi yang ada di hard disk eksternal.

Baca Juga:
Nah, itulah 3 cara untuk memperbaiki error Smart Hard Disk Error 301 jika ada pertanyaan terkait dengan artikel ini, silahkan tulis dikomentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon