18 Juni 2019

Tanda-Tanda Bahwa HP Kamu Disadap, Begini Cara Mengatasinya

Fonetekno - Tanda-Tanda dan Cara Mengatasi HP Yang di Sadap. Sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana cara sadap Whatsapp menggunakan Whatsweb, di artikel tersebut saya memberikan tutorial sadap WA, namun biasanya si pemilik HP tidak mengetahui kalau HP nya sedang disadap.
Tanda-Tanda HP di Sadap
Perangkat Android merupakan sebuah perangkat Open Source, terkait dengan keamanan tentu lebih rentan terhadap virus ataupun penyadapan, berbeda dengan iPhone yang memiliki tingkat keamanan lebih tinggi.

Penyadapan HP biasa dilakukan menggunakan jaringan internet, dimana dengan internet si penyadap bisa masuk ke perangkat telepon korbannya, penyadapan ini sebenarnya dilarang, karena hal ini terkait dengan privasi.

Selain itu kegiatan sadap di HP biasanya menggunakan dua cara, yaitu.

1. Menggunakan Alat Sadap

Tanda-Tanda HP di Sadap

Cara yang pertama adalah menggunakan alat sadap, penyadapan ini biasanya dilakukan oleh professional, biasanya kegiatan ini dilakukan oleh pihak atau instansi terkait, misal untuk mengungkap kejahatan dan sebagainya.

2. Menggunakan Aplikasi

Tanda-Tanda HP di Sadap

Nah, cara yang kedua ini salah satu cara yang paling populer, dan biasanya digunakan untuk menyadap sosial media seperti yang saya tuliskan diatas, cara kerjanya sangat simpel, kamu hanya perlu menginstall aplikasi spy di HP target kamu.

Tanda-Tanda HP Sedang di Sadap

Jika kita sudah mengetahui cara penyadapan, ada perlu nya kita harus waspada, apakah HP kita sedang disadap atau tidak, untuk mengetahuinya, berikut adalah tanda bahwa HP yang kita miliki sedang di sadap.

1. Tanda Bahwa HP Disadap Menggunakan Aplikasi

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, bahwa metode penyadapan yang paling sering digunakan adalah menggunakan aplikasi, berikut ini adalah beberapa ciri atau tanda bahwa HP kamu sedang disadap menggunakan aplikasi.
  • HP lebih cepat terasa panas, hal ini bisa disebabkan karena aplikasi terus bekerja 24 jam untuk melakukan proses pengiriman data kepada orang yang menyadap HP kamu.
  • Baterai menjadi lebih boros, hal ini perlu kamu perhatikan karena jika penggunaan baterai tidak wajar seperti biasanya, maka kamu harus waspada dan berhati-hati, karena aplikasi terus berjalan selama 24 jam untuk mengirim data sehingga membuat penggunaan baterai menjadi lebih boros.
  • Paket data boros, karena aplikasi penyadapan hanya bisa berjalan ketika HP dalam kondisi online, maka aplikasi akan menggunakan paket data 2x lebih cepat, bisa saja file yang dikirim memiliki ukuran besar, seperti foto ataupun video.
  • HP terasa lambat, bisa disebabkan karena aplikasi sadap menggunakan RAM yang lumayan besar, apalagi jika aplikasi berjalan selama berjam-jam, tentu akan membuat HP kamu menjadi sangat lemot.
  • Terdapat aktivitas mencurigakan, HP yang terkena sadap pastilah ada hal atau aktivitas yang mencurigakan, seperti posisi file yang berubah, atau bahkan akun sosial media yang tiba-tiba tidak bisa di akses.

2. Tanda Bahwa HP Disadap Menggunakan Alat

Biasanya penyadapan menggunakan alat ini memerlukan biaya yang sangat besar, oleh karena itu tidak mungkin jika seseorang menyadap HP seseorang tanpa tujuan yang jelas, namun untuk menambah pengetahuan berikut saya berikan informasi mengenai tanda-tandanya.
  • Jika mengirim SMS biasanya ada jeda atau pending terlebih dahulu, bahkan dalam beberapa kasus, SMS tidak bisa terkirim sama sekali walaupun memiliki pulsa yang cukup.
  • Terdengar suara dengung yang panjang, selain itu setiap kali kita melakukan panggilan akan ada suara yang aneh, yaitu suara yang bergema.
  • Sulit melakukan panggilan.
  • Biasanya muncul suara aneh seperti tidak ada sinyal.
Nah, diatas merupakan tanda-tanda bahwa HP kamu sedang disadap, adapun berikut adalah cara mengatasi HP yang sedang disadap.

Cara Mengatasi HP Yang di Sadap

Biasanya orang lebih sering menyadap menggunakan aplikasi, dan berikut ini adalah beberapa tips bagaimana cara mengatasinya.

1. Matikan Data Seluler

Cara yang pertama adalah dengan mematikan paket data seluler, seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa aplikasi sadap bekerja secara online, itu berarti jika data seluler dimatikan maka aplikasi sadap tidak berfungsi.

2. Hapus Aplikasi Sadap

Cara yang kedua adalah dengan menemukan aplikasi sadap, setelah itu menghapusnya, biasanya aplikasi ini akan sulit untuk ditemukan, namun kamu bisa mencoba menghapusnya melalui pengaturan, lalu lihat semua aplikasi yang terinstall.

3. Jangan Root HP

Tips yang ketiga adalah jangan pernah root HP kamu, dengan melakukan root itu berarti semua akses sistem yang ada di HP kamu akan terbuka, dengan melakukan root maka keamanan HP kamu akan sangat rentan, karena biasanya aplikasi penyadap membutuhkan akses root.

4. Hard Reset / Factory Reset

Jika tidak ingin ribet, maka solusi terakhir adalah dengan melakukan hard reset, dengan melakukan hard reset, maka semua aplikasi dan data yang ada di dalam nya akan terhapus, untuk itu kamu harus membackupnya terlebih dahulu sebelum melakukan hard reset.

Baca Juga:
Di blog ini juga saya sudah menulis banyak artikel mengenai hard reset, silahkan baca: kumpulan tutorial hard reset.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai tanda-tanda dan juga bagaimana cara mengatasi penyadapan, walaupun tidak ada sistem yang benar-benar aman, namun paling tidak kita harus tetap waspada dari berbagai macam kejahatan penyadapan.


EmoticonEmoticon