31 Juli 2019

Cara Cek IMEI HP Apakah Legal / Ilegal (Semua Merk)

Fonetekno - Cara Cek IMEI HP Android Apakah Legal atau Ilegal. Sudah tahukah kalian tentang wacana pemblokiran HP ilegal melalui kode IMEI yang dilakukan oleh 3 kementrian: kemenperin, kominfo, dan kemendag?. Hal ini dilakukan untuk membendung peredaran ponsel BM ( Black Market ). Barang dari BM disebut sebagai barang ilegal karena barang tersebut masuk ke indonesia secara tidak resmi sehingga tidak dikenai bea cukai. Maka tak heran jika barang-barang seperti HP dibandrol sangat murah.
Cara Cek IMEI HP Apakah Legal atau Ilegal

Lalu bagaimanakah pemerintah akan menjalankan kebijakan ini ?. sekedar info nih ternyata pemerintah memanfaatkan kode IMEI yang ada di HP. Kementerian peperindustrian sendiri memiliki database IMEI yang masuk ke indonesia secara resmi. Sehingga ponsel-ponsel yang yang ilegal seperti yang disebutkan tadi, otomatis IMEI nya tidak terdaftar pada database milik kemenperin  dan akhirnya akan terblokir.

Maka dari itu ini akan menjadi kekhawatitan kita yang saat ini aktif menggunakan HP, apakah HP yang saat ini kita pakai legal atau ilegal, selain itu kekhawatiran lain seperti ketika membeli HP baru. Tentu yang ada dibenak kita apakah HP yang akan kita beli legal atau ilegal. Tentu rugi dong sudah membeli HP, ternyata HPnya ilegal yang akhirnya terblokir dan tak terpakai.

Tak perlu khawatir pemerintah melalui kementrian perindustrian telah menyediakan tempat khusus untuk mengecek HP kalian legal atau ilegal. Maka dari itu pada artikel kali ini admin akan membahas  cara mengecek IMEI HP. Berikut langkah-langkahnya yang bisa kalian ikuti :

Cara Cek IMEI HP Android Apakah Legal atau Ilegal

  • Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah cek IMEI HP kalian dengan menekan *#06# melalui menu panggilan. Namun jika kalian baru akan membeli HP kalian bisa melihatnya di Box HP yang akan kalian beli.
  • Setelah kalian mengetahui nomor IMEI HP kalian, kalian buka situs kemenperin.go.id/imei.
  • Selanjutnya kalian ketikan kode IMEI HP kalian di kotak yang sudah disediakan.
  • Kemudian kalian klik simpan.
Jika HP kalian terdaftar dan dianggap legal maka akan muncul :
  1. IMEI
  2. Perusahaan
  3. Merk
  4. Model
Jika ketika kalian klik simpan dan tidak muncul apa-apa tandanya HP kalian yang saat ini dipakai terindikasi barang ilegal atau barang BM (Black Market).

Baca Juga:
Dari apa yang admin baca pada situs berita online pemblokiran HP ilegal belum akan diterapkan pada saat ini karena masih menunggu regulasi yang akan dibuat selesai.

Selain itu dampak yang ditimbulkan dari pemblokiran ini belum diketahui, apa yang di blokir. Namun pemerintah menjalin kerjasama dengan salah satu operator seluler. Ada kemungkinan jika HP ilegal ini diiblokir maka tidak bisa menggunakan sim card
Oke itu saja pembahasan pada artikel kali ini semoga artikel ini bermanfaat dan Good luck!


EmoticonEmoticon