5 Juli 2019

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway Saat Membuka Situs

Fonetekno - Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway. Internet menjadi sebuah kebutuhan setiap orang, karena dengan internet kita sebagai user bisa melihat isi dunia hanya dengan berada didepan laptop, komputer dan HP. Namun pernakah kalian merasakan ketika sedang asyik berselancar di internet, tiba-tiba muncul kode Error 502 Bad Gateway yang mengganggu aktivitas kalian di internet.
Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway
Kode error tersebut adalah sebuah tanda yang mengartikan bahwa jaringan kalian tidak dapat terhubung dengan server. Kode error 502 bad gateway adalah kode yang menandakan status hubungan HTTP dengan server tidak baik dengan ditandai kode error yang awalnya “5” yang berarti adanya kesalahan komunikasi antara beberapa server.

Sederhananya situs yang kalian buka megirimkan sinyal ke beberapa server namun tidak sesuai persyaratan server tersebut yang akhirnya tidak bisa terbuka karena tertahan di gateway server tersebut yang akhirnya situs tidak mau terbuka.

Dalam artikel ini akan beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. berikut ini beberapa cara yang bisa kalian lakukukan untuk mengatasi kode Error 502 Bad Gateway.

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway Saat Membuka Situs

1. Merefresh Situs Yang Kalian Buka

Inilah solusi pertama yang harus kalian lakukan, memang sederhana namun biasanya berhasil. Ketika kalian membuka situs yang kalian kunjung kemudian muncul kode error tersebut. Tunggulah beberapa menit sekitar 2 menit.

Hal ini dilakukan karena biasanya situs yang terkena kode error 502 hanya bersifat sementara sehingga cukup di refresh saja. Cobalah hingga 3 kali merefresh situs tersebut.

2. Hapuslah Cache Browser

Kenapa harus hapus cache browser? Hal ini dilakukan karena sifat cache yang sebagai tempat penyimpanan sementara yang artinya situs tersebut pernah kita kunjungi dan masih tersimpan dalam cache ketika situs tersebut update data situs tersebut berubah dan mengendap dalam cache, akhirnya mengakibatkan keberatan server.

Untuk menghapus cache kalian bisa masuk kedalam pengaturan browser dan cari data penjelajahan yang biasanya berisi menu History karena setiap browser berbeda tempat peletakannya. Kalian bisa cari cara menghapus cache yang sesuai dengan browser yang kalian gunakan di google, atau bisa baca artikel Mengenal Apa itu Cache dan Cara Membersihkan Cache.

3. Buka Situs Tersebut Dengan Browser Yang Berbeda

Cobalah kalian buka situs tersebut dengan browser lain seperti mozila, opera, uc browser dll. Karena biasanya kode error tersebut terjadi pada browser google chrome.

4. Melakukan Flush DNS Jaringan Di Komputer Atau Laptop Kalian

Flush DNS merupakan sebuah perintah untuk mereset cache DNS agar dapat menyesuailan informasi perubahan dari sebuah domain. Untuk melakukan perintah flush dapat kalian lakukan melalui CMD.
Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway

Buka Start => di kolom pencarian ketikan CMD => ketika ketemu CMD kemudian klik kanan lalu pilih Run as Administrator => ketikan perintah ipconfig /flushdns, tunggu hingga proses selesai.
Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway
Baca Juga:
Nah, itulah sedikit pembahasan bagaimana cara mengatasi error 502 Bad Gateway saat membuka situs, jika ada pertanyaan silahkan komentar.


EmoticonEmoticon