16 Juli 2019

Cara Mengatasi Error "Windows Was Unable to Complete The Format"

Fonetekno - Cara Mengatasi Error "Windows Was Unable to Complete The Format" Saat memformat Kartu SD Memory Card dan Flash Disk. Kegiatan format pada Flashdisk maupun Memory Card sudah sering dilakukan oleh banyak orang, tujuannya untuk membersihkan perangkat agar memori yang tersedia tidak penuh.
Cara Mengatasi Error Windows Was Unable to Complete The Format

Format kartu memori dan Flash Disk harus dilakukan melalui PC atau Laptop, dan caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu klik kanan pada drive Memory Card atau Flashdisk lalu pilih Format. Namun ada satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang ketika memformat kartu memori dan Flashdisk, yaitu munculnya error "Windows Was Unable to Complete The Format".

Apa artinya jika sudah muncul pesan error tersebut? Itu berarti ada sebuah kesalahan dimana Windows tidak bisa menyelesaikan proses format, hal ini bisa disebabkan karena adanya kesalahan sistem atau bisa juga perangkatnya yang sudah rusak, lalu bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki masalah ini?

Cara Mengatasi Error "Windows Was Unable to Complete The Format"

Tapi tenang saja untuk mengatasi masalah ini caranya sangat mudah, dan ada 3 opsi cara untuk memperbaikinya.

1. Format Menggunakan CMD

Cara yang pertama adalah dengan melakukan format menggunakan CMD, pertama silahkan buka CMD (Command Prompt) bisa dengan menekan tombol Windows + R lalu ketik CMD, setelah itu buka terlebih dahulu File Explorer untuk melihat huruf Drive dari perangkat penyimpanan eksternalnya, biasanya huruf nya E: atau F:.

Setelah itu ketikkan perintah berikut ini:
format F: /fs:ntfs
Untuk huruf F: bisa disesuaikan dengan huruf Drive yang ada di PC kamu bisa itu G: dan seterusnya.

2. Format Menggunakan Disk Management

Format menggunakan Disk Management selain bisa memperbaiki flashdisk yang tidak terdeteksi bisa juga memperbaiki error Windows Unable to Complete The Format, caranya adalah.

Tekan Windows + R ketik diskmgmt.msc lalu Enter.
Cara Mengatasi Error Windows Was Unable to Complete The Format
Setelah itu klik kanan pada partisi Penyimpanan Eksternal stelah itu pilih Format.

3. Menggunakan Aplikasi

Lanjut cara yang ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi bernama EaseUS Partition Master.
Silahkan download software nya dulu disini.
Setelah itu langsung saja buka softwarenya, cari partisi dari harddisk, flashdisk atau memory card milikmu, setelah itu klik kanan -> Format Partition.
Cara Mengatasi Error Windows Was Unable to Complete The Format

Baca Juga:

Nah, itulah sedikit tutorial bagaimana cara mengatasi error Windows Was Unable to Complete The Format, jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar.


EmoticonEmoticon