17 Juli 2019

Cara Mengatasi Format File Whatsapp Tidak di Dukung (Gampang!)

Fonetekno - Cara Memperbaiki Masalah Format File Tidak di Dukung Saat Mengirim File di Whatsapp. Aplikasi chatting yang enteng, mudah digunakan dan multifungsi jawabannya pasti aplikasi Whatsapp. Siapa yang tidak tahu aplikasi satu ini, selain untuk chattingan aplikasi whatsapp juga memiliki fitur yaitu pengguna dapat mengirim berbagai file ke semua ruang chat.
Cara Mengatasi Format File Whatsapp Tidak di Dukung
Bahkan update  terbaru dari whatsapp sudah mendukung semua format file untuk dikirim. Ini menjadi keunggulan whatsapp karena banyak aplikasi chattingan yang tidak bisa mengirim berbagai format file, hanya format tertentu saja yang bisa dikirim.

Tapi pernakah kalian ketika mengirim file malah muncul pemberitahuan seperti ini “Format File Tidak Didukung” ketika mengirim file di Whatsapp? Padahal sebelumnya dikatakan bahwa whatsapp bisa mengirim file dengan berbagai format.

Namun jangan cepat menyimpulkan bahwa whatsapp membohingi para pengguna aplikasi ini. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi error yang terjadi. Maka pada artikel ini akan dibahas Cara Mengatasi Format File Whatsapp Tidak di Dukung, inilah solusi untuk mengatasinya:

Cara Mengatasi Format File Whatsapp Tidak di Dukung

1. Whatsapp Belum di Update

Cara Mengatasi Format File Whatsapp Tidak di Dukung

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa whatsapp memberikan fitur dapat mengirim semua format hanya pada HP yang sudah melakukan update aplikasi whatsapp yang terbaru. Jika whatsapp kalian tidak melakukan update otomatis, kalian bisa melakukan update secara manual.
Berikut cara update manual aplikasi whatsapp:

  • Kalian buka aplikasi Google Play Store.
  • Ketik pada kolom pencarian “Whatsapp” kemudian klik pencarian / ENTER.
  • Jika whatsapp kalian belum terupdate maka otomatis disebelah kanan ada tulisan update.
  • Kalian klik update dan tunggu hingga proses selesai

Disarankan kalian selalu mengecek update whatsapp secara manual melalui google playstore, karena notifikasi update tidak selalu muncul di HP kalian.

2. Mengganti Format File yang Tidak Bisa Dikirim

Jika kalian sudah melakukan update dan tetap tidak bisa mengirim file maka kalian harus merubah format file yang tidak bisa dikirim tersebut. Karena bisa jadi file yang akan kalian kirim merupakan file yang berformat khusus dari HP kalian atau aplikasi. Untuk mengganti format file cukup mudah kok tidak perlu aplikasi tambahan, berikut caranya:
  • Kalian buka File Manager.
  • Kemudian cari file yang akan kalian rubah formatnya.
  • Lalu kalian ubah nama menjadi “.zip” pada nama ujung file tersebut. Contoh jika file itu sebelumnya “gaji.lop” maka kalian rubah menjadi “gaji.zip".
  • Setelah itu jika muncul notifikasi pilih saja ok/yes.
Maka file kalian akan berubah menjadi zip, setelah kalian mengirim file tersebut mintalah orang yang dikirim tersebut untuk merubah format itu kesemula dengan cara yang sama.

Kalau kalian bertanya-tanya kenapa itu bisa terjadi, jadi gini sistem android hampir sama dengan sistem operasi yang ada di komputer, jika kalian merubah file ekstensinya, maka file tersebut akan berubah format. Kalian bisa coba di komputer kalian masing-masing.

3. Kompres File Kedalam ZIP / RAR

Cara ini kalian harus menggunakan aplikasi tambahan jika kalian menggunakan android yaitu aplikasi winrar atau aplikasi ZArchiver. Jika kalian menggunakan komputer cukup pakai winrar saja.

Jadi caranya file yang tidak bisa terkirim tersebut kalian masukan kedalam RAR/ZIP. Jika lewat komputer kalian cukup klik kanan file tersebut => kemudian pilih add to “...”.rar.

Baca Juga:
Atau jika kalian lewat aplikasi android dengan cara, buka aplikasi yang tadi disebutkan => kemudian kalian cari file yang akan di kompres => kemudian kalian tahan file tersebut hingga muncul menu opsi => kemudian kalian pilih kompres => kalian tunggu hingga proses selesai.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi format file whatsapp tidak di dukung. Semoga bermanfaat dan Good luck!


EmoticonEmoticon