6 Juli 2019

Cara Mengatasi Icon Headset Yang Tidak Mau Hilang di Xiaomi

Fonetekno - Icon Headset Tidak Mau Hilang di Xiaomi. Pernakah kalian mengalami ikon headset yang selalu muncul? Biasanya hal ini terjadi Ketika kalian telah selesai mendengarkan musik menggunakan earpon, headset atau yang sejenisnya. saat dicabut, ikon headset tersebut tidak hilang. Akibatnya suara yang dikeluarkan dari HP tidak terdengar di speaker. Hal ini biasanya terjadi pada HP merk xiaomi. Tidak tahu mengapa tetapi banyak pengguna xiaomi yang mengeluhkan masalah ini.
Jika kalian pengguna HP xiaomi dan mengalami hal ini jangan buru-buru dibawa ke ketempat service, masih ada pertolongan pertama yang bisa kalian lakukan sendiri. Tidak butuh alat khusus atau software khusus untuk memperbaikinya, cukup dengan cara sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa keahlian khusus.

Cara Mengatasi Icon Headset Yang Tidak Mau Hilang di Xiaomi

Berikut cara memperbaiki ikon headset yang tidak hilang pada HP xiaomi.

1. Membersihkan Lubang Earphone

Kenapa harus membersihkan lubang earphone? Karena lubang earphone yang kotor bisa saja terdapat debu-debu dengan partikel –partikel kecil yang memiliki sifat logam yang dapat mengaliri listrik dengan baik. Sehingga ketika partikel kecil tersebut terkumpul dan saling menempel maka otomatis sistem earphone membaca ada konektor eraphone yang terkoneksi dengan lubang earphone.

Jika kalian tidak percaya kalian dapat mencoba memasukan paku kedalam lubang earphone HP yang normal, pasti akan muncul ikon headset. Berangkat dari diagnosis permasalahan tadi, hal yang harus kalian lakukan adalah membersihkan lubang earphone tersebut.

Untuk membersihkan lubang earphone kalian bisa menggunakan tisu yang di linting tetapi lintingannya jangan terlalu tebal atau kalian juga bisa menggunakan cottonbud yang kecil.

Cara menggunakannya masukan tisu atau cottonbud kedalam lubang earphone, kemudian kalian putar-putar secara perlahan lalu tarik, Peringatan “Jangan Bersihkan Lubang Earphone Dengan Kawat Atau Benda Logam Lainnya Apalagi Benda Tersebut Tajam” lakukan hal ini secara berulang dan jangan terlalu ditekan karena dapat merusak komponen yang ada didalam.

Kalo dirasa sudah cukup coba kalian sambungkan headset kalian ke lubang audio kemudian cabut. Jika masih muncul ikon tersebut coba kalian tiup lubang earphone tersebut. Jika masih error lanjut kecara berikutnya

2. Menggunakan Aplikasi Radio

Jika langkah awal tadi tidak berhasil kalian bisa coba cara ini yaitu menggunakan aplikasi radio.
Berikut langkah-langkah yang harus kalian lakukan:
  • Buka Aplikasi Radio kemudian pasang headset kalian.
  • Kemudian coba kalian lihat 3 titik disudut kanan atas ( 3 titik ini merupakan menu properties) kemudian tekan.
  • Kemudian kalian pilih “ Aktifkan Speaker”.
  • Kemudian matikan speaker dan pilih “Nyalakan Headphone”.
  • Selanjutnya tutup aplikasi radio tersebut.
  • Ketika aplikasi sudah tertutup, kalian buka menu pengaturan HP dan pilih menu “Aplikasi”.
  • Cari Aplikasi Radio, jika sudah ketemu tekan kemudian pilih “Hapus Semua”.
  • Ketika selesai menghapus semua data aplikasi radio cabut earphone kalian dan lihat hasilnya.

3. Hard Reset

Jika masih belum berhasil juga maka cara terakhir adalah dengan melakukan hard reset, hard reset pada Xiaomi sangatlah mudah, atau kamu bisa juga melihat halaman kumpulan tutorial hard reset.

Baca Juga:
Nah, itulah sedikit tips dan trik bagaimana cara mengatasi icon headset yang tidak mau hilang di Xiaomi, jika ada pertanyaan terkait dengan artikel ini silahkan komentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon