2 Juli 2019

Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Yang Pecah / Sember

Fonetekno - Memperbaiki suara speaker laptop yang pecah / sember. Apakah pernah laptop atau komputer kalian mengalami error pada bagian speaker audio? Biasanya suaranya pecah atau agak sember padahal sebelumnya berfungsi seperti biasanya. Jangan cepat ambil kesimpulan bahwa ini terjadi karena masalah hardware.
Cara Mengatasi Speaker Laptop Sember
Hal ini pernah juga terjadi pada laptop saya ketika awal membeli. Untuk mendengar musik awalnya baik-baik saja namun ketika saya bermain game dan memutar musik dengan lama, tiba-tiba suara yang dihasilkan kadang tinggi lalu menjadi pelan, kemudian tinggi lagi lalu rendah kembali begitu seterusnya.

Sempat panik dan putus asa dan mulai berfikir negatif jangan-jangan ini barang memang sudah rusak. Namun saya coba untuk memperbaikinya dengan jalur software dan Alhamdulillah berhasil.

Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Yang Pecah / Sember

Cara Mengatasi Speaker Laptop Sember

Berangkat dari pengalaman saya, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa cara untuk mengatasinya. Sebelum kalian membawa ketempat service apa salahnya jika kalian ikuti dulu beberapa cara untuk mengatasi audio yang error.

1. Biarkan Sejenak Laptop/ Komputer  Ketika Sudah Masuk Kedalam Dekstop

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah coba kalian matikan laptop/ komputer kemudian hidupkan kembali biarkan windows masuk kedalam dekstop dan tunggu hingga 5 menit. Hal ini dilakukan agar sistem windows memperoses software audio secara 100%. dalam waktu 5 menit jangan mainkan musik maupun menaikan merendahkan volume audio.

2. Memberhentikan Program

Ada kemungkinan error yang terjadi pada audio kalian karena disebabkan aplikasi pemutar audio maupun video. Untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan task manager dengan cara klik kanan pada taskbar=> kemudian pilih task manager =>  pada tab processes kalian cari aplikasi pemutar audio ataupun pemutar video tersebut => kemudian klik aplikasi tersebut dan pilih end task

Kenapa tidak langsung close saja? Karena tidak semua aplikasi yang di close tanpa menggunakan task manager, prosses pada aplikasi tersebut mati, akhirnya proses dari aplikasi tersebut masih berjalan. 

3. Menguninstall Aplikasi Pengubah Audio

Ada beberapa aplikasi yang bisa mengubah audio pada laptop atau komputer kalian. Mungkin saja kalian tidak sengaja menginstal aplikasi tersebut atau mungkin kawan atau keluarga kalian menggunakan laptop/ komputer kalian dan tidak sengaja mengubah audio pada laptop/ komputer kalian menggunakan apalikasi tersebut.

Untuk mengatasinya buka control panel, kalian bisa membukanya dengan lewat menu start atau lewat Run dengan cara pencet tombol “gambar windows + R” kemudian kalian ketikan “ Control Panel” => dan cari menu Programs => pilih Programs and Features => kemudian kalian cari aplikasi yang mencurigakan atau yang tidak kalian kenal. Atau kalian juga bisa mencari nama aplikasi pengubah audio tersebut di google => ketika aplikasi yang dimaksud ketemu => klik kanan dan pilih Uninstall.

4. Mengupdate Driver Sound Card

Banyak error yang terjadi pada audio laptop maupun komputer karena masih menggunakan driver yang lama sehingga beberapa aplikasi tidak support audio tersebut dan menghasilkan suara yang jelek.

Untuk mengatasinya kalian bisa masuk ke device manager dengan cara cepat =>  pencet tombol “gambar windows + R” kemudian kalian ketikan “devmgmt.msc” => kemudian cari driver sound card => klik kanaan pada driver sound card tersebut  => pilih Update Driver => pilih Search Automatically For Update Driver Software. Untuk mengupdate driver sound card laptop/ computer, kalian harus terhubung ke internet.

Baca Juga:
Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi error audio pada laptop maupun komputer kalian, semoga cara yang sudah dipaparkan bisa mengatasi audio laptop atau komputer kalian dan jika dari kesemua cara tidak ada yang berhasil bawalah laptop atau komputer kalian ketempat service. Good luck!


EmoticonEmoticon