22 Juli 2019

Cara Mengetahui Serial Number Laptop (Gampang Banget)

Fonetekno - Cara Melihat Serial Number Laptop. Ketika membeli laptop apa yang terlintas dipikiran kalian? Pasti yang kalian pikirkan spesifikasi laptop, harga laptop, merk laptop, hingga menentukan mau beli dimana. Bagi sebagian orang  hal yang tadi disebutkan sudah cukup untuk diketahui ketika sebelum membeli laptop.
Cara Mengetahui Serial Number Laptop

Namun ada satu hal lagi yang perlu kalian ketahui sebelum mebeli laptop yaitu serial number. Serial number adalah gabungan antara huruf dan angka yang biasanya terdiri dari 22 karakter. Dalam serial number berisi kombinasi angka dan huruf yang dimana setiap laptop berbeda serial numbernya. Serial number ini menjadi identitas suatu perangkat laptop.

Lalu apakah penting mengetahui serial number sebelum membeli laptop?. Jawabannya sangat penting dengan kamu mengetahui serial number dari perangkat laptop, kamu bisa mengecek keaslian suatu laptop dengan mencocokan serial number laptop dengan serial number yang berada pada box laptop.

Jadi kalian bisa tahu apakah laptop yang dijual adalah ori atau memang laptop yang dijual baru. Karena ketika serial number yang di laptop berbeda dengan serial number yang ada di box, ada kemungkinan laptop yang kalian beli second (bekas). tentu rugi dong beli laptop bekas dengan harga baru.

Cara Mengetahui Serial Number Laptop (Gampang Banget)

Meliaht serial number memang dapat dilakukan hanya dengan melihat di bagaian bawah body laptop. Tapi untuk jaga-jaga kita harus mengecek serial number dengan cara melalui software, hal ini dilakukan karena bisa saja serial number yang tertempel di body laptop adalah hasil tempelan dari penjual nakal.

1. Menggunakan Command Prompt

Pastinya kalian tidak asing dengan software bawaan dari windows ini, command promt adalah baris perintah penerjemah yang diesekusi ke sistem operasi, maka dari itu ketika kita menggunakan command prompt ada kode-kode tertentu yang memiliki fungsi perintah dengan program ini juga kita bisa melihat serial number pada laptop.
  • Buka command prompt terlebih dahulu kalian bisa menggunakan kombinasi tombol yaitu tombol Windows + R.
  • Kemudian ketika muncul menu run kalian ketikan “CMD” => klik OK.
  • Setelah kalian berada di dalam command prompt ketik perintah.
wmic bios get serialnumber
Lalu tekan Enter, maka serial number dari laptop milikmu akan terlihat, lanjut tinggal cocokkan dengan yang ada di box laptop kalian.

2. Menggunakan Powershell

Cara Mengetahui Serial Number Laptop

Mungkin kata powershell terdengar asing di telinga kalian, perlu kalian ketahui powershell adalah software yang hampir sama dengan command prompt. Powershell juga bekerja untuk menjalankan perintah dengan kode-kode tertentu namun ini lebih kompleks daripada command prompt.

Bisa dibilang powershell bisa melihat serial number laptop dengan lebih akurat. Berikut cara yang bisa kalian ikuti.
  • Pertama kalian masuk dulu ke menu run yaitu dengan cara kombinasi tombol Windows + R.
  • Setelah muncul menu run, kemudian kalian ketikan “ powershell “ => klik OK.
  • Tunggu beberapa saat hingga powershell terbuka.
  • Ketika sudah terbuka kalian ketikan.
gwmi win32_bios | f1 SerialNumber
Setelah muncul serial number laptop kalian coba kalian cocokan dengan serial number yang ada di box laptop kalian. Cara ini bisa kalian lakukan di Windows 7 sampai Windows 10.

Baca Juga:


Namun ada beberapa sistem laptop yang menolak untuk membuka powershell, jika itu terjadi pada laptop kalian dan kalian menggunakan Windows 7 coba kalian buka start => all programs => accessories => lalu buka menu windows powershell. Namun jika kalian menggunakan Windows 10 kalian bisa ketikan pada search powershell ISE.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan ketika ingin mengecek serial number pada laptop kalian. Semoga bermanfaat  dan Goodluck!


EmoticonEmoticon