27 Juli 2019

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Masuk BIOS (Gampang!)

Fonetekno - Laptop Tidak Mau Masuk ke BIOS. Ketika kalian ingin masuk bios namun tiba-tiba tidak mau masuk kedalam bios. Pasti kalian akan bertanya – tanya kenapa hal ini bisa terjadi? Apakah laptopnya rusak? Dan apakah harus dibawa ketempat service?
Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Masuk BIOS

Pastinya kalian merasa cemas akan hal ini, karena seperti yang kalian tahu bios memiliki peran sangat penting dalam laptop. Bios memiliki fungsi untuk mengatur booting yang bisanya kita pakai ketika kita menginstal OS ( Operating System ), Overclock CPU atau GPU.

Tentunya dengan tidak bisa masuknya kalian kedalam bios akan sangat mengganggu saat kalian sedang butuh – butuhnya. Jangan langsung bawa ketempat service kita coba dulu memperbaikinya.

Sebelum kita mencoba memperbaikinya, alangkah bagusnya kita mendiagnosis terlebih dahulu penyebab tidak bisa masuk bios.

Apa penyebabnya tidak bisa masuk bios?

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi yang bisa menyebabkan laptop kalian tidak bisa masuk bios. Seperti:

  • Tombol Untuk Masuk Bios Tidak Berfungsi: agar kita dapat masuk kedalam bios ada beberapa tombol yang harus kita pencet ketika sudah selesai POST seperti tombol F2, F12, DEL dll tergantung dari bios yang ada dilaptop kalian.
  • Terlambat Menekan Tombol Ketika Selesai POST: ada beberapa laptop yang menggunakan fast booting yang membuat layar yang biasa kita untuk menekan tombol bios cepat menghilang. Akibatnya tidak sempatnya menekan tombol bios pada waktunya.
  • Salah Menekan Tombol: hal spele ini bisa saja terjadi ketika kalian merasa tombol yang kalian tekan benar namun kenyataannya kalian salah menekan tombol bios pada keyboard.
  • Bios Corrupt: kejadian ini memang bisa saja terjadi namun ini sangat jarang terjadi.
Berangkat dari hasil diagnosis tersebut dapat kita simpulkan dan memecahkan masalahnya. Berikut beberapa cara yang bisa kalian ikuti:

Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Masuk BIOS

1. Memeriksa Keyboard


Inilah hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu memeriksa keyboard. Hal ini dilakukan karena ketika kita hendak masuk kedalam bios kita membutuhkan keyboard yang bertugas sebagai penyalur tombol yang kita pencet dengan sistem bios.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mengoneksikan laptop kalian ke internet. Kemudian kalian buka situs web keyboardchecker.com dengan browser kalian. Situs web ini hanya saran dari admin kalian bisa menggunakan situs yang lainnya.

Ketika kalian masuk kedalam situs tersebut kalian hanya perlu menekan tombol biosnya. Jika berfungsi maka sistem dalam web tersebut akan merespon tombol yang kita tekan tadi.
Jika tidak ada respon apapun coba kalian menggunakan keyboard lain.

2. Cek Tombol Bios Yang Sesuai Dengan Laptop

Setiap laptop memiliki tombol bios yang berbeda – beda maka dari itu kalian harus mengeceknya di google tombol bios apa yang sesuai dengan laptop kalian.

3. Non Aktifkan Fast Boot

Seperti pada diagnosis diatas, ada kemungkinan bahwa kalian tidak bisa masuk bios karena terlambat menekan tombol bios ketika muncul layar bios lalu menghilang dengan cepat. Layar bios yang cepat menghilang dikarenakan kalian mengaktifkan fitur fastboot. Yang perlu kalian lakukan adalah mematikan fastbootnya. Kalian bisa mencarinya di google yang sesuai dengan merk laptop kalian.

4. Reset BIOS

Mereset bios bisa kalian lakukan dengan mencabut batrei cmos yang letaknya berada didalam laptop. Admin menyarankan jika kalian kurang ahli dalam membedah laptop maka jangan menggunakan cara ini. Kalian bisa menggunakan cara yang terakhir berikut ini

5. Bawa ke Service Center

Jika sudah mentok inilah cara terakhir yang bisa kalian lakukan. Sangat rasional jika kalian membawa ketempat service center daripada kalian bongkar sendiri yang bisa saja berakhirnya kehidupan laptop kalian.

Baca Juga:
Itulah beberapa Cara Mengatasi Laptop Yang Tidak Mau Masuk BIOS semoga artikel ini bermanfaat dan Good luck!


EmoticonEmoticon