1 Agustus 2019

Cara Mengatasi Error E05 Pada Printer Canon (Gampang Banget)

Fonetekno - Cara Memperbaiki Error E05 Pada Printer Canon. Pernahkah saat kalian sedang mencetak dokumen dengan menggunakan printer lalu tiba-tiba muncul notifikasi yang berisi kode error E05, tentu error ini sangat mengganggu apalagi ketika sedang mencetak dokumen yang penting akhirnya harus tertunda karena printer yang error.
Cara Mengatasi Error E05 Pada Printer Canon

Bagi yang awam dan belum terlalu sering printernya mengalami error tentu akan panik dan pasti langsung dibawa ketempat service. Padahal kalo kalian ingin kalian bisa saja loh memperbaikinya.
Nah pada artikel kali ini admin akan mencoba membantu kalian untuk mengatasi kode error E05. Tetapi sebelum kita mulai memperbaikinya, ada baiknya kita mendiagnosis terlenih dahulu penyebab kode error ini muncul.

Diagnosis Penyebab Error E05

Kode error E05 adalah kode error yang muncul karena masalah kompabilitas catridge tinta pada printer, Artinya catridge yang berada di dalam printer tidak terpasang dengan benar dan bisa saja catridge rusak atau kotor. Karena pada catridge ada sebuah chip yang berwarna kuning logam yang bentuknya bulatan-bulatan.

Pada chip inilah bisa jadi akar permasalahan, karena chip tersebut tidak bisa kotor maupun tidak terhubung karaena salah pasang. Chip yang kotor bisa jadi karena ketika mengisi tinta tidak sengaja chip terpegang oleh tangan atau ketika mengisi tinta terlalu banyak yang akhirnya meluap dan mengakibatkan bagian chip catridge menjadi basah.

Cara Mengatasi Error E05 Pada Printer Canon (Gampang Banget)

Cara Mengatasi Error E05 Pada Printer Canon

Berangkat dari diagnosis diatas maka kita dapat menyimpulkan sesuatu, bagaimana cara mengatasi kode error E05.

1. Memasang Kembali Catridge Dengan Posisi Benar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa error tersebut muncul bisa jadi karena posisi chip yang salah sehingga tidak terhubung. Maka dari itu kalian perlu mencek apakah apakah posisi pada catridge sudah benar dengan cara:
  • Pertama kalian hidupkan printer kalian.
  • Kemudian kalian buka cover kalian maka ototmatis catridge akan bergerak dan akan berhenti di tengah-tengah.
  • Selanjutnya kalian buka cover catridge dan kalian ambil catridgenya.
  • Setelah itu pasang kembali catridge dengan memperhatikan chip apakah posisinya sudah benar.
Setelah kalian sudah memasang kembali catridgenya coba kalian mencetak kembali dokumen apakah sudah embali normal seperti biasanya.

2. Membersihkan Chip Catridge

Seperti yang sudah dijelaskan pada diagnosis di atas bahwa, ada kemungkinan error itu terjadi karena chip pada catridge kotor. Maka yang perlu kalian lakukan adalah membersihkan chip tersebut dengan menggunakan tisu dan jangan menggunakan kapas karena takutnya kapas terkelupas dan menempel pada chip ctridge tersebut. Langkah-langkahnya hampir sama dengan yang tadi yaitu:
  • Pertama kalian hidupkan printer kalian.
  • Kemudian kalian buka cover kalian maka ototmatis catridge akan bergerak dan akan berhenti di tengah-tengah.
  • Selanjutnya kalian buka cover catridge dan kalian ambil catridgenya.
  • Kemudian ambil tisu kemudian kalian bersihkan chip catridge secara perlahan dan lembut.
  • Jika dirasa cukup masukan kembali catridge tersebut.
Jika sudah memasukan kembali catridgenya, coba kalian mencetak kembali dokumen yang sebelumnya yang ingin kalian print dan lihat hasilnya. Jika tidak berhasil juga ada cara alternatif lain yang bisa kalian coba.

Baca Juga:

3. Setel Ulang Printer (Alternatif )

Cara ini merupakan cara alternatif yang bisa kalian coba caranya cukup mudah. Namun cara ini hanya bisa berlaku pada printer yang memiliki tombol stop seperti printer Cannon Mp 287.
  • Pertama kalian hidupkan printer kalian.
  • Kemudian kalian tekan dan tahan tombol Stop selama kurang lebih 6 detik sehingga printer menyalakan ulang.
  • Setelah itu coba kalin mencetak dokumen.
Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi kode error E05, semoga artikel ini bermanfaat dan Good luck!


EmoticonEmoticon