10 Agustus 2019

Cara Mengatasi Masalah Windows Cannot Be Installed to This Disk [MBR / GPT Disk]

Fonetekno - Cara Mengatasi Windows Cannot be Installed to This Disk. Ketika menginstal ulang laptop/ komputer, kadangkala muncul kendala yang menimbulkan pesan error seperti “ Windows cannot be installed to this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI system, Windows can only be installed to GPT disk” pesan error ini muncul karena ada masalah pada perangkat harddisk. Jjika kita terjemahkan pesan error ini maka berbunyi "windows tidak dapat diinstal kedalam disk ini" ,disk yang dipilih adalah partisi MBR pada sistem EFI. Windows hanya bisa diinstal ke dalam disk GPT.
Windows Cannot Be Installed to This Disk MBR GPT Disk

Namun selain pesan error tersebut ada juga pesan error yang intinya sama seperti “ Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style” dan jika terjemahkan akan berbunyi “windows tidak dapat diinstal/ dipasang pada disk ini. Disk yang terpilih adalah partisi model GPT”

Perbedaan pesan error ini tergantung pada harddisk yang kalian gunakan. Jika ketika kalian mengalami masalah ini jangan khawatir ataupun panik kalin bisa kok mengatasinya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang ada pada artikel ini.

Pada artikel kali ini admin akan membahas “Cara Mengatasi Masalah Windows Cannot be Installed To This Disk [MBR / GPT DISK]”. Sebelum kita mulai langkah-langkah perbaikan ada baiknya kalian tahu terlebih dahulu apa itu MBR dan GPT.

Apa itu MBR dan GPT?

MBR merupakan singkatan dari master boot record dengan fungsi mengatur data harddisk maksimal hanya 2.2 TB (Tera Byte) dan MBR ini hanya bisa dibagi 4 partisi saja. Artinya ketika harddisk kalian memiliki kapasitas lebih dari 2.2 TB dan masih berformat MBR, maka data yang bisa diatur tidak bisa lebih dari 2.2 TB.

Berbeda dengan format GPT (GUID Partition Table) format GPT memiliki kemampuan yang melebihi formta MBR dimana GPT bisa mengolah data atau penyimpanan hingga 9.4 ZB (Setta Byte) dan bisa memiliki 128 partisi primer. GPT hanya digunakan untuk menginstal windows dalam mode UFEI (Unified Extensible Filmware Interface) dengan kemampuan dapat booting dua kali lipat cepat dari BIOS biasa.

Cara Mengatasi Masalah Windows Cannot Be Installed to This Disk

Setelah kita mengetahui apa itu MBR dan GPT maka selanjutnya kita membahas solusi untuk mengatasi permasalahan kalian ketika menginstal windows. Berikut langkah-langkah yang bisa kalian ikuti:

1. Membuat Bootable Windows Dengan Format GPT Atau MBR

Cara ini bisa dibilang cukup mudah kalian hanya perlu menyediakan internet dan flashdisk dengan ukuran minimal 4GB (kalo bisa yang ori biar prosesnya cepat).
  • Pertama kalian siapkan windows.iso.
  • Kemudian kalian download aplikasi RUFUS USB Tool di https://rufus.akeo.ie/ kemudian kalian ekstrack file yang kalian download.
  • Selanjutnya kalian colokan flashdisk dan kalian jalankan aplikasi rufus.
  • Setelah itu kalian pilih format yang sesuai dengan format harddisk kalian yaitu ( MBR/GPT).
  • Jika format harddisk kalian MBR maka kalian pilih “ MBR Partition scheme for BIOS or UEFI”  atau “MBR partition scheme for UEFI”.
  • Jika format harddisk kalian GPT maka kalian pilih “GPT Partition Scheme For UEFI”.
  • Untuk bagian file “File System”. Biasanya akan terpilih otomatis.
  • Pada bagian “ Cluster Size” kalian pilih default saja.
  • Untuk bagian “New Volume Label” bisa kalian ganti atau dibiarkan begitu saja.
  • Untuk bagian “Format Options” kalian biarkan saja.
  • Selanjutnya klik dibagian paling kanan dari “Create A Bootable Disk Using” (gambar CD dan Harddisk) kemudian kalian cari windows.iso yang tadi kalian simpan.
  • Terakhir kalian klik tombol “Start” dan tunggu hingga selesai.

2. Convert Format Harddisk

Dalam melakukan convert harddisk ada banyak cara yang bisa dilakukan. Namun admin akan memberikan cara yang satu ini, yang menurut admin lebih mudah diaplikasikan. Sebelum memulai convert kalian backup terlebih dahulu data yang ada di harddisk karena cara ini akan membersihkan semua data yang ada di harddisk.

Cara ini bisa kalian lakukan tidak hanya pada keadaan normal tetapi kalian bisa melakukan cara ini ketika kalian mengalami error tersebut.
  • Pertama yang harus kalian lakukan adalah mematikan laptop/komputer kalian.
  • Kemudian kalian nyalakan kembali dan tekan “shift + F10” secara bersamaan hingga muncul menu “Command Prompt” di layar.
  • Ketika berada di command promt kalian ketikan Diskpart dan tekan enter.
  • Kemudian ketik List Disk tekan enter.
  • Setelah itu kalian pilih harddisk yang akan kalian konversikan. Jika kalian hanya memiliki satu harddisk maka kalian ketik Select Disk 0. Namun apabila kalian memiliki dua maka kalian ketikan Select Disk 1 begitu seterusnya sesuai kelipatan jumlah harddisk.
  • Selanjutnya kalian ketiakan perintah “clean”.
  • Kemudian kalian ketikan perintah convert gpt (untuk dikonversi ke format GPT) dan ketik convert MBR (untuk format MBR).
  • Setelah proses convert kalian selesai, kalian lakukan instalisasi seperti biasanya.
**Ketika Kalian Akan Mengetikan Perintah Convert, Sesuaikan Dengan Pesan Error, Jika Error Tersebut Terjadi Karena Format Harddisk Kalian MBR Dan Harus Format GPT Maka Kalian Pilih Convert Gpt Begitu Sebaliknya.

3. Hapus Semua Partisi

Ini adalah cara yang pernah admin gunakan, kalian hanya perlu menghapus semua partisi yang ada di harddisk, dan membuat partisi baru. Namun sebelum kalian menghapus semua partisi kalian harus membackup semua data penting yang ada di harddisk

4. Ganti Harddisk

Windows Cannot Be Installed to This Disk MBR GPT Disk

Inilah cara terakhir yang bisa kalian lakukan jika semua cara yang kalian lakukan tidak berhasil. Admin sarankan jangan membeli harddisk yang sudah dijadikan eksternal ataupun harddisk second karena sepengalaman admin, pernah ketipu ternyata harddisk yang dijual sudah badsector.

Baca Juga:
Itulah beberapa cara yang bisa kalian ikuti, semoga artikel ini bermanfaat dan selalu ikuti artikel-artikel terbaru yang akan admin sajikan dan Good luck!


EmoticonEmoticon