13 September 2019

Cara Mengirim File Folder Lewat Aplikasi Whatsapp (5 Langkah)

Fonetekno - Cara Mengirim Folder Lewat Whatsapp. Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting yang multifungsi, karena selain bisa untuk chattingan, juga bisa berfungsi sebagai alat untuk mengirim file. Di Whatsapp sudah support mengirim beberapa format file, seperti MP3, MP4, MKV, JPG, PNG, DOCX, PDF, XLS, dan masih banyak format lainnya.

Namun ada satu hal nih yang belum bisa dilakukan di Whatsapp, apakah itu? Yaitu mengirim Folder, di Whatsapp kita belum bisa mengirim folder, memang sih kebanyakan aplikasi chatting belum mendukung fitur mengirim folder, namun kita masih bisa mengakalinya.

Bagi beberapa orang, mengirim folder melalui sosial media ataupun aplikasi chatting merupakan salah satu fitur yang sangat dibutuhkan, karena jika kita sedang dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk membuka laptop ataupun PC, maka fitur ini sangat dibutuhkan.

Misalnya saja ketika kita sedang dikejar deadline untuk mengirim banyak sekali file, namun kita tidak punya banyak waktu untuk mengirim filenya, maka kita bisa mengirim foldernya sekaligus, nah di Whatsapp kita bisa kok melakukannya.

Yaitu dengan cara mengubah file nya terlebih dahulu menjadi file rar/zip, jadi kita harus merubah folder tersebut menjadi sebuah file zip, yang nantinya file zip tersebut tinggal kita kirim ke orang yang akan kita tuju.

Bagaimana caranya? Simak tutorial lengkapnya berikut ini.

Cara Mengirim File Folder Lewat Aplikasi Whatsapp

Jika kita melihat di Play Store, tentu akan ada banyak sekali aplikasi yang berfungsi untuk mengubah file menjadi RAR / ZIP, namun disini saya akan menggunakan satu aplikasi saja.

1. Kita harus merubah file nya menjadi file RAR/ZIP terlebih dahulu.
  • Disini saya menggunakan aplikasi RAR silahkan download langsung di Play Store.
  • Jika sudah di download silahkan buka aplikasinya.
  • Nanti akan muncul folder-folder yang ada di dalam smartphone kamu.
  • Setelah itu cari folder yang akan diubah, lalu centang pada kotak folder tersebut lalu klik tanda plus seperti gambar dibawah.
  • Lalu klik OK, setelah itu file folder akan berubah menjadi RAR.
Cara Mengirim File Folder Lewat Aplikasi Whatsapp

2. Jika sudah centang lagi file RAR tersebut, lalu klik titik tiga seperti gambar dibawah.
Cara Mengirim File Folder Lewat Aplikasi Whatsapp

3. Lalu pilih SEND / KIRIM.
Cara Mengirim File Folder Lewat Aplikasi Whatsapp

4. Klik pada icon Whatsapp.
Cara Mengirim File Folder Lewat Aplikasi Whatsapp

5. Lalu pilih kontak mana yang akan dikirim.
Dengan begitu kamu sudah berhasil mengirim file folder ke orang yang dituju, namun ada satu hal yang harus kamu ketahui.
Jika penerima menggunakan Whatsapp melalui Android, maka si penerima harus menginstall aplikasi RAR juga, untuk mengekstrak file RAR yang kita kirim, caranya adalah buka aplikasi RAR > Centang File yang akan di ekstrak > Pilih Gambar buku dengan tanda panah keatas yang ada di atas layar.
Atau jika si penerima menggunakan PC maka tinggal ekstrak melalui aplikasi Winrar, nah itulah sedikit tutorial bagaimana cara mengirim file folder lewat Aplikasi Whatsapp, atau mengirim folder menggunakan Whatsapp, jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon