15 September 2019

Mengenal Kode Error Printer Canon MP287 dan MP237 Serta Solusinya

Fonetekno - Cara Mengatasi Kode Error Printer Canon MP287 dan MP237. Dari sekian banyak tipe dan merk printer yang beredar di pasaran, saya rasa Canon MP287 menjadi pilihan terbaik untuk printer kelas menengah kebawah, hal ini bukan tanpa alasan, karena sederet fitur yang bisa kita gunakan, dimana printer ini merupakan tipe 3 in 1, jadi dengan printer Canon MP287 ini kita bisa melakukan Printing, Fotocopy serta Scanning.
Mengatasi Kode Error Printer Canon MP287 dan MP237

Selain itu kualitas print out yang dihasilkan dari printer ini juga sangat memuaskan, dan menghasilkan warna yang natural, namun jika memiliki kebutuhan untuk print foto secara masif, maka tidak disarankan untuk menggunakan print ini. Walaupun begitu, yang namanya printer pastilah tidak lewat dari yang namanya error. Nah, di Canon MP287 ini kita bisa menemukan error berupa kode.

Yang paling umum jika kita menggunakan printer Canon adalah, Error E05 pada Printer Canon, namun jika kita menggunakan printer Canon MP287 maka akan ada banyak kode error yang mungkin tidak pernah kita dengar.

Jika kita mendapati error pada printer, jangan buru-buru panik, karena rata-rata error yang muncul pada printer bisa kita atasi sendiri. Yang paling umum, untuk kode error pada Canon MP287 dibagi menjadi dua.
  • Awalan huruf E : Jika huruf awal pada error ini muncul di bagian monitor printer, itu artinya ada kesalahan atau masalah pada bagian pendukung printer, seperti Cartridge, Kertas dan juga Tinta.
  • Awalan hurf P : Nah, jika awal kode error nya muncul huruf P, maka hal ini ada masalah pada bagian power ataupun mesin printer.
Selain itu ada puluhan error pada printer Canon MP287 ini yang harus anda ketahui, nah di artikel ini saya akan memberikan informasi nya.

Mengenal Kode Error Printer Canon MP287 dan MP237 Serta Solusinya

Mengatasi Kode Error Printer Canon MP287 dan MP237

Di artikel ini saya tidak hanya memberikan informasi mengenai kode error pada printer saja, tapi saya akan memberikan solusi cara mengatasinya juga.

Kode Error Awalan Huruf "E"

Untuk kode error dengan awalan huruf "E" jumlahnya ada delapan, berikut daftarnya.

1. Kode Error E02 dan E03

Yang pertama adalah kode error E02 dan E03, error ini biasanya muncul ketika ada masalah pada kertas, misalnya posisi kertas yang tidak pas, ataupun bisa juga ada masalah pada roll printer.
Solusi: Silahkan cek pada bagian kertas, apakah posisi kertas sudah benar, selain itu jangan lupa untuk cek pada roll printer, apakah ada benda yang menghalangi.

2. Kode Error E04, E05, E07 

Jika muncul salah satu kode diatas, maka hal ini ada masalah pada Cartridge.
Solusi: Pertama bersihkan terlebih dahulu cartridgenya, setelah itu pasang pada slot yang ada, pastikan posisinya sudah benar ya.

3. Kode Error E08, E13, E16

Jika muncul kode diatas, maka error ini disebabkan oleh tinta yang bermasalah.
Solusi: Pertama tekan tombol Stop / Resume hingga muncul angka 1 pada monitor printer.

Kode Error Awalan Huruf "P"

Untuk kode error dengan awalan huruf "P" jumlahnya ada 11, berikut adalah daftar serta solusi untuk mengatasinya.

1. Kode Error P02

Untuk kode error ini ada permasalahan pada Carriage, solusinya adalah cek roll printer, lalu bersihkan encoder.

2. Kode Error P03

Error ini disebabkan karena line feed yang error, solusinya adalah cek pada sensor, atau bisa juga dengan membersihkan mainboard.

3. Kode Error P05

Untuk kode error P05, ada permasalahan pada ASF sensor, cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti part yang bermasalah, seperti ASF Unit, Board, ataupun motor printer.

4. Kode Error P06

Penyebab munculnya error ini dikarenakan mesin printer terlalu panas, untuk mengatasinya silahkan diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan mesin, atau bisa dengan mengganti bagian yang bermasalah.

5. Kode Error P07

Hal ini disebabkan karena error ink absorber full, untuk mengatasinya silahkan reset printer anda dengan menekan tombol maintenance pada PC.

6. Kode Error P08

Error ini biasanya muncul karena temperatur yang panas, untuk mengatasinya silahkan diamkan selama beberapa menit, lalu ganti tinta pada cartridge.

7. Kode Error P09

Jika muncul kode error ini, maka disarankan untuk mengganti Board printer.

8. Kode Error P10

Jika sudah muncul kode ini, itu artinya ada masalah pada bagian dalam mesin printer, solusinya adalah bawa printer anda ke tukang service.

9. Kode Error P15

Kode error ini muncul karena ada masalah pada kabel USB anda, solusinya adalah ganti kabel USB dengan yang baru.

10. Kode Error P20

Jika muncul kode error ini, maka ada masalah pada main board atau hardware Printer, disarankan untuk membawa ke tukang service untuk mengganti mainboard.

11. Kode Error P22

Masalah ini muncul karena scanner anda tidak berfungsi, untuk itu disarankan melakukan checking pada scanner, jika ada yang rusak, maka anda harus mengganti scanner atau board yang rusak.

Nah, diatas merupakan beberapa kode error untuk printer Canon MP287, sebagai tambahan saya akan memberikan sedikit informasi mengenai error pada printer Canon MP237, karena printer ini merupakan salah satu yang paling laris setelah MP287.

Kode Error Canon MP237 Serta Solusinya

1. Kode Error 1000

Biasanya error ini muncul dengan keterangan print is out paper, selain itu indikator lampu akan berkedip sebanyak 2 kali, solusinya adalah masukkan kertas, lalu tekan tombol warna black atau color pada printer.

2. Error 1300

Error ini terjadi jika ada penghalang pada bagian roll printer, biasanya ditandai dengan kedipan lampu sebanyak 3 kali, solusinya adalah liat pada roll apakah ada kertas yang nyangkut.

3. Error 1401

Error ini  akan muncul dengan keterangan cartridge is not installed properly, error ini sama dengan 1403 ataupun 1485 dan permasalahannya terletak pada cartridge, solusinya adalah lepas cartridge setelah itu pasang kembali, atau bisa juga dengan membersihkan sensor pada cartridge.

4. Error 1682

Selanjutnya untuk kode 1682 error ini ditandai dengan kedipan lampu sebanyak 3 kali, dan permasalahannya terletak pada cartridge, solusinya adalah lepaskan cratridge setelah itu bersihkan seluruhnya mulai dari sensor, setelah itu jika belum berhasil, maka bisa dipastikan cartridge printer anda sudah minta ganti.

5. Error 1684

Error ini ditandai dengan kedipan lampu sebanyak 4 kali, penyebab nya adalah cartridge, solusinya adalah cek cartridge anda atau bisa juga dengan menggantinya dengan yang baru.

6. Error 1688

Error ini akan muncul karena disebabkan tinta yang kosong, solusinya adalah isi ulang tinta, setelah itu tekan tombol stop / reset selama 6 detik.

7. Error 1700

Jik muncul error ini disertai dengan kedipan lampu sebanyak 8 kali, itu berarti penyerap tinta printer anda sudah penuh, cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan head cleaning.

8. Kode Error 5100

Jika muncul error ini disertai dengan kedipan lampu sebanyak dua kali, itu berarti ada kertas yang nyangkut di roll printer, solusinya adalah dengan mengeluarkan kertas tersebut.

9. Error B200

Biasanya error ini akan muncul disertai dengan kedipan cahaya sebanyak 10 kali, jika muncul error ini silahkan lakukan reset total pada printer anda, atau bisa dengan matikan terlebih dahulu printer nya, selama beberapa jam, setelah itu nyalakan kembali.

10. Kode Error 5200, 5700, 6933, 6940 dan 6945

Jika muncul salah satu kode error diatas, itu berarti printer anda perlu di istirahatkan, caranya adalah silahkan matikan terlebih dahulu printernya, jika dirasa sudah dingin silahkan hidupkan kembali.

Baca Juga:
Nah, diatas adalah beberapa kode error pada printer MP237, selain itu ada juga satu permasalahan yang sering muncul di printer ini, seperti cahaya indikator pada tinta hitam yang terus berkedip, cara mengatasinya adalah dengan melakukan test print, sambil menekan tombol STOP / RESET + TOMBOL BLACK.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai kode error pada Printer Canon MP287 dan MP237 serta cara mengatasinya, jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon