19 September 2019

Cara Mengatasi Error CMOS Fail Saat Menghidupkan Komputer

Fonetekno - Error CMOS Fail di Komputer. Pernahkah kalian ketika sedang asik bermain komputer, tiba-tiba komputer kalian mati dan muncul notifikasi pada layar yang bertuliskan CMOS Fail. Panik dong pastinya tiba-tiba komputer mati dan muncul notifikasi CMOS Fail lagi.
Error CMOS Fail

Pasti yang terlintas pada pikiran saat itu “harus bawa ketempat service ini”. Eits jangan secepat itu menyerahkan ke tempat service, masih ada cara kok untuk memperbaikinya.  Kalian sendiri pun bisa melakukannya di rumah.

Perlu kalian ketahui matinya komputer kalian dan munculnya notifikasi pada layar tersebut karena terjadi Error pada BIOS kalian.

BIOS (Basic Input Output System) adalah sebuah software yang berfungsi untuk mengatur perangkat keras (hardware) dari sebuah komputer. Sistem BIOS sendiri biasanya ditanamkan dalam ROM atau CMOS yang terdapat pada motherboard.

Apabila BIOS Error biasanya komputer akan merespon melalui gangguan seperti kegagalan pada saat startup atau booting, kemudian akan muncul pesan CMOS Fail, Hardware not recognize, CMOS  Error, CMOS Cheksum Bad, CMOS Wrong dan lain sebagainya.

Error seperti ini tidak bisa diremehkan dan dibiarkan begitu saja, karena bisa saja akan merusak komponen yang lain pada motherboard.

Baca Juga:


Untuk mengatasi hal ini kalian hanya perlu melakukan clear ata reset BIOS. Caranya bagaimana? Caranya cukup mudah, artikel kali ini admin akan memberitahukan langkah-langkah untuk mereset BIOS. Bisa kalian ikuti dibawah ini:

Cara Mengatasi Error CMOS Fail Saat Menghidupkan Komputer

Cara Reset CMOS Komputer

Sebelum kita lanjut ke langkah-langkahnya, ada beberapa yang harus di persiapkan seperti obeng yang nantinya berfungsi untuk membuka casing CPU. Jika sudah di persiapkan lanjut ke langkah-langkahnya.
  1. Pertama kalian matikan komputer kalian terebih dahulu.
  2. Kemudian kalian cabut semua kabel yang masih menancap di CPU.
  3. Jika sudah di cabut kalian tekan tombol power selama 5 detik, ini bertujuan agar daya listrik yang ada di CPU benar-benar habis.
  4. Selanjutnya kalian buka casing CPU kalian  yang berada di atas motherboard.
  5. Kemudian kalian carilah baterai CMOS (baterai CMOS mirip dengan baterai jam tangan namun agak lebih besar).
  6. Setelah ketemu kalian lepas baterai CMOS yang tertanam di motherboard.
  7. Jika sudah terlepas jangan dipasang dulu, kita cari jumper nya yang berfungsi untuk mereset BIOS.
  8. Kalian cari jumper CMOS/BIOS yang berbentuk seperti pin  yang biasanya  terdapat 2 sampai 3 pin. (atau cari di google).
  9. Jika sudah ketemu kita lakukan reset, pada jumper yang memiliki 2 pin kalian hubungkan 2 pin tersebut dengan jumper atau kalian hubungkan 2 pin tersebut dengan obeng. Tetapi jika 3 pin kalian hanya perlu memindahkan jumper yang awalnya berada di posisi 1-2 menjadi 2-3.
  10. Biarkan selama 5 detik atau lebih, kemudian kalian balikan lagi jumpernya ke posisi semula.
  11. Setelah itu kalian pasang lagi baterai CMOS nya.
  12. Pasang kembali casing dan kabel-kabel yang tadi menempel lalu hidupkan komputernya.
  13. Maka komputer kalian akan berjalan kembali normal.
Nah, itulah sedikit informasi mengenai cara reset CMOS saat terjadi error CMOS Fail, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon