14 September 2019

Cara Menghubungkan Kamera HP Android ke PC / Laptop (5 Langkah)

Fonetekno - Menghubungkan Kamera HP Android ke PC / Laptop. Menghubungkan kamera HP ke PC? Emang bisa? Pasti bisa dong, ternyata caranya cukup mudah, kita bisa menggunakan kamera HP Android ini sebagai Webcam untuk PC atau laptop, pasti cocok nih buat para Youtuber ataupun streamer yang membutuhkan kamera webcam.
Cara Mengubah Kamera HP Menjadi Webcam

Bagi anda yang sedang membutuhkan webcam, recomended banget nih menggunakan kamera dari HP, karena selain kualitas kamera yang bagus, juga bisa menghemat budget, iya gak sih? hehe. HP jaman sekarang, so sudah pasti memiliki spesifikasi yang tinggi dong, maka dari itu kamera HP sangat cocok digunakan sebagai webcam untuk PC.

Untuk menghubungkan kamera HP Android ke PC ada dua cara, yaitu bisa menggunakan USB atau bisa juga menggunakan WiFi. lalu apakah sulit menghubungkan atau menyambungkan kamera HP ke PC? Ternyata gampang banget, dan yang pastinya gratis.

Disini kita hanya perlu menggunakan sebuah aplikasi yang bisa didownload langsung melalui Play Store, nah untuk konfigurasi atau caranya, tutorial lebih lengkapnya berikut ini.

Cara Mengubah Kamera HP Menjadi Webcam

Aplikasi yang akan kita gunakan ini bernama Droidcam, anda bisa mengunduhnya langsung melalui Play Store. Tidak hanya sampai disitu, anda juga harus mengunduh aplikasi Droidcam versi PC nya, berikut saya sediakan link downloadnya.
Sudah? Oke berikut adalah langkah nya.

1. Pertama aktifkan terlebih dahulu USB Debugging atau Opsi Pengembang, tidak tahu caranya? Silahkan baca: Cara Mengaktifkan USB Debugging di Semua Perangkat Android
2. Sudah download APK Droidcam nya kan? Silahkan buka aplikasinya, lalu pilih tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas, setelah itu pilih Camera.
Cara Mengubah Kamera HP Menjadi Webcam

  • Back: Untuk menggunakan kamera belakang.
  • Front: Untuk menggunakan kamera depan.
3. Selanjutnya hubungkan HP ke PC menggunakan kabel USB.
4. Lalu buka aplikasi Droidcam yang ada di PC.
5. Setelah itu tekan tombol pilihan USB lalu klik START, tunggu hingga proses nya selesai.
Cara Mengubah Kamera HP Menjadi Webcam

Nah, diatas adalah cara bagaimana menyambungkan kamera HP Android ke PC, biasanya ada beberapa orang yang tidak berhasil melakukan tutorial diatas, dan mengalami kendala seperti tidak connect, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga:

Solusi jika tidak mau connect: Jika tidak mau terhubung, langsung saja ubah konektivitas nya menggunakan WiFi, dan tinggal mencocokkan IP Address yang sudah tertera di Aplikasi.


EmoticonEmoticon