19 September 2019

Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365

FoneteknoReset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365. Printer merupakan salah satu alat yang sangat berguna dalam mencetak dokumen. Biasanya printer paling banyak digunakan oleh perkantoran, pelajar dan mahasiswa, adalah merk dari Canon, seperti Printer Canon MP287 dan MP237.
Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365

Maka tak heran banyak sewa cetak dokumen melalui printer, karena banyak peminatnya. Tak jarang juga ada yag membeli sendiri printer dengan alasan lebih murah dan lebih efisien.Printer yang digunakan setiap hari pasti akan datang masanya dia mengalami error.

Seperti munculnya lampu indikator yang menyalah terus atau berkedip kalo di printer EPSON biasanya lampu indikator berwarna merah.

Pasti panik dong tiba-tiba muncul lampu indikator, udah Deadline tugas yang  harus di print atau pengguna jasa yang terus bertanya “ kenapa ini mas, saya mau print”. Mengalami hal itu pasti membuat kita pusing.

Tidak perlu panik, jika kalian pengguna EPSON dan muncul lampu indikator tersebut. Jangan langsung dibawa ketempat service, kalian bisa kok mengatasinya.

Sebenarnya munculnya lampu indikator tersebut karena printer kalian minta di reset. Biasanya munculnya lampu indikator tersebut berbarengan dengan peringatan "Ink Waste Is Ful", atau "Ink Pad Is At The End Of Iys Service".

Nah setelah kita tahu masalah yang terjadi, maka berlanjut ke langkah berikutnya yaitu mulai mengatasinya. Berikut langkah-langanya:

Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365

Nah sebelum memulai langkah perbaikannya, ada baiknya kita identifikasi dulu arti dari peringatan tadi. "Ink Waste Is Full", atau "Ink Pad Is At The End Of Iys Service" peringatan ini terjadi karena penampungan sisa tinta yang tidak terpakai saat proses percetakkan sudah penuh, dan harus dibuang agar tidak meluber dan membahayakan printer. maka dari itu printer sudah atur sedemikian rupa oleh pabrik untuk memuculkan pringatan jika bantalan tinta sudah penuh.
Cara Reset Printer Epson L130 L220 L310 L360 L365

Maka hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membersihkan bantalan tinta. Jika sudah bersih dan ketika digunakan masih error dan lampu indikator masih menyala maka langkah selanjutnya harus di reset.

Sekedar info fungsi dari rest printer ini bisa untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada printer, Cara Backup dan Restore eprom Printer, Reset Printer Epson, Cara Memperbaiki Printer Epson Hasil Bergaris, Hasil Cetak Printer Epson Tidak Rata, Printer Epson Generar Error dan lain-lain.
Tak perlu berlama-lama ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:
  • Pertama kalian download terlebih dahulu “software reseter adjustment” Download Disini.
  • Setelah kalian download kalian buka program resetter tersebut.
  • Kemudian kalian klik tombol “select” pilih jeniis printer kalian misalnya “EPSON L130”. Untuk port USB pilih ”auto selection” saja, setelah itu klik ok.
  • Selanjutnya kalian klik “Particular Adjustment Mode” lalu pilih “Waste ink pad counter” kemudian klik “OK”.
  • Di menu selanjutnya, Centang pada “Main pad counter”, kemudian klik “Check”. Pada tahap ini, printer akan memberikan beberapa informasi penting tentang printer, termasuk sudah berapa kali melakukan cetakan.
  • Langkah selanjutnya adalah Centang kembali pada “Main pad counter” dan lanjutkan dengan meng-klik “Initialization”. inilah tahap yang paling penting, karena pada tahap ini printer direset atau dikembalikan pada setingan awal pemakaian printer. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Setelah proses resetnya selesai, pada layar komputer akan muncul notifikasi “Please Turn Off dan Turn On your printer”. Nah pada tahap ini, silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer kalian.
Jika sudah mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar maka printer kalian akan kembali normal. Itulah pembahasan artikel kali ini semoga artikel ini bermanfaat dan Goodluck!


EmoticonEmoticon