16 September 2019

Cara Ganti IP Address Android Agar Mau Connect WiFi

Fonetekno - Solusi Tidak Mau Connect WiFi di Android Dengan Mengganti IP Address. Mengganti IP Address pada android biasanya dilakukan untuk memperbaiki koneksi internet yang error, biasanya hal error ini terjadi pada jaringan wifi seperti ketika kiyta hendak memakai wifi namun tiba-tiba tidak mau menyambung pada wifi.
Cara Ganti IP Address Android Agar Mau Connect WiFi

Ketika terjadi error tersebut kita gak tahu cara mengganti IP address wifi, kita lupa bagaimana caranya atau mungkin enggak tahu dimana letak mengganti IP address wifi  Nah jika kalian lupa bagaiamana mengganti IP address pada android kalian bisa melihat caranya seperti dibawah ini.
Tapi sebelum kita masuk kedalam pembahasan bagaimana caranya mengganti IP address, alangkah bagusnya kalo kita tahu dulu IP address.

Ketika kita hendak terhubung ke jaringan internet pada prosesnya bukanlah dari kuota langsung terhubung ke internet. Tetapi pada jaringan di HP maupun perangkat lain ada yang namanya IP address.

IP address sendiri memiliki fungsi sebagai identitas pengguna internet, agar server internet mengenali pengguna internet tersebut dan akan dihubungkan ke jaringan internet. Maka tidak heran jika sistem internet tahu kita berada di negara mana, karena setiap negara memiliki IP address yang berbeda-beda.

Perbedaan tersebut bisa kita lihat pada angka awal IP, jika IP indonesia biasanya diawali 192 sedangkan negara lain berbeda, ada 83,92 dll. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihatnya di google, itung-itung buat tambah ilmu.

Nah setelah kita tahu apa itu IP address berlanjut ke tutorial mengganti IP address wifi. Silahkan ikuti caranya dibawah ini:

Cara Ganti IP Address Android Agar Mau Connect WiFi

Cara mengganti IP ini terbilang cukup mudah kalian gak perlu aplikasi tambahan. kalian hanya perlu masuk ke menu pengaturan saja. Untuk lebih lengkapnya ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Pertama kalian hidupkan wifi pada HP kalian kemudian kalian kehubungkan ke jaringan wifi tersebut pastikan HP kalian sudah terhubung ke wifi tersebut. Jika tidak terhubung maka IP Address jaringan wifi masih kosong semua.
Cara Ganti IP Address Android Agar Mau Connect WiFi

2. Nah ketika sudah terhubung dengan wifi tersebut kalia buka menu pengaturan.
3. Selanjutnya masuk ke menu koneksi.
4. Selanjutnya kalian pilih Wi-Fi.
Selanjutnya kalian cari nama wifi yang sudah kalian hubungkan tadi.
Kemudian tekan nama wifi tersebut maka akan muncul opsi ‘lupa jaringan’ dan ‘kelola pengaturan jaringan’.
5. Selanjutnya kalian pilih ‘kelola pengaturan jaringan’.
Maka akan muncul kotak pengaturan jaringan wifi.
Kemudian kalian centang bagian ‘tampilkan opsi lanjutan’ pada sub opsi ‘pengaturan IP’ kalian ubah ‘DHCP’ menjadi ‘statis’.
Cara Ganti IP Address Android Agar Mau Connect WiFi

6. Maka akan muncul pengaturan alamat IP, Gerbang, Panjang Awal Jaringan, DNS 1, DNS2 dan Proksi.
7. Selanjutnya kalian rubah IP address nya, jika semula IP address kalian ‘192.168.43.45’ maka kalian ganti menjadi ‘192.168.43 31’ untuk yang lainnya isikan sesuai dengan yang tertera sebelum diisikan. Atau biasanya terisi otomatis.

Jika sudah kalian klik simpan.

Baca Juga:
Jika cara diatas sudah kalian lakukan dan tetap tidak terkoneksi ke internet, kalian rubah lagi IP address nya dengan mengubah ujung IP address ke angka yang lebih kecil.
Itulah tutorial cara mengganti IP address semoga artikel ini bermanfaat dan goodluck! 


EmoticonEmoticon