12 Oktober 2019

Cara Mengatasi Sony Vegas Yang Tidak Mau Render (MP4, MKV)


Fonetekno - Sony Vegas Tidak Mau Render. Bagi kalian seorang editor video tentu tidak asing dengan salah satu software yang satu ini, yaitu sony vegas. Software ini bisa dikatakan salah satu software ringan dan mudah dalam mengedit video. Pastinya bagi pemula software ini mudah untuk dipelajari dan bagi yang sudah pro tentu sudah tau semua effect yang ditawarkan oleh software ini.
Cara Mengatasi Sony Vegas Yang Tidak Mau Render

Tapi apakah kalian tahu cara mengatasi error saat merender?, tidak jarang di temukan banyak pengguna sony vegas mengalami error saat merender  video yang sudah di edit. Biasanya Akan muncul  pesan error yang bertuliskan “An error occurred while creating the media file” (nama video editan).mp4” The reason for the error could not be determined”.

Pastinya ketika pertama kali kalian menerima pesan error ini akan panik. Apalagi jika kalian seorang youtuber yang kejar deadline upload. Pastinya hal ini akan membuat kalian pusing dan naik pitam.
Jangan panik dan pusing apalagi sampe marah-marah, karena kali ini admin akan berbagi informasi berupa cara mengatasi error yang terjadi ketika render. Yaitu pesan error yang bertuliskan “ An error occurred while creating the media file” (nama video editan).mp4” The reason for the error could not be determined”.

Sebelum kita melihat bagaimana cara mengatasi pesan error tersebut, ada baiknya kalian tahu dulu apa yang dimaksud dengan render.

Jadi render merupakan proses finishing dari video yang telah kita edit. Nah proses render ini nantinya akan menggabungkan video, tulisan, audio, maupun komponen lain yang telah kalian masukan pada proses edit.

Setelah render selesai maka akan menjadi satu video utuh yang memiliki format yang sesuai keinginan editor, bisa berupa; mp4, mkv, flv, avi dll.
Nah setelah kita mengetahui apa itu render, berlanjut ke pembahasn cara mengatasi pesan error tersebut.

Baca Juga:


Cara Mengatasi Sony Vegas Yang Tidak Mau Render

Kegagalan pada saat melakukan proses render, bisak diakibatkan karena ketidaksesuaian driver VGA atau juga bisa jadi karena masalah GPU mode.
Cara Mengatasi Sony Vegas Yang Tidak Mau Render

Untuk mengatasi hal tersebut silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:
  • Pertama kalian klik file
  • Kemudian kalian pilih Render As
  • Selanjutnya kalian pilih output format MainConcept AVC.AAC (*.mp4)
  • Kemudian kalian setting ukurannya, untuk ukurannya sesuaikan dengan yang kalian inginkan
  • Selanjutnya kalian pilih Cuztomize Template
  • Kemudian pada encode mode kalian ubah yang sebelumnya Automatic (Recomended) menjadi Render Using CPU Only
  • Terkahir kalian pilih Ok dan lakukan proses render
  • Kalian tunggu apakah berhasil dengan ditandai tercapainya proses render hingga 100%
Sekedar info perlu kalian ketahui perbedaan antara menu pilihan yang ada pada encode mode.
  1. Automatic (recommended)= system yang menentukan secara otomatis mode render. 
  2. Render using GPU if available= proses render menggunakan GPU (Graphics processing unit) atau biasa kita sebut VGA. Dengan mode ini maka akan meningkatkan kinerja saat proses render sehingga proses render bisa menjadi lebih cepat.
  3. Render Using CPU Only = proses render tanpa menggunakan GPU. dan tentunya proses render menjadi lebih lambat dibanding mode GPU


EmoticonEmoticon