21 November 2019

Cara Menambah VRAM Laptop dan Komputer Dengan Mudah

Fonetekno - Menambah VRAM Untuk Main Game PES. Dalam dunia perkomputeran dan perlaptopan, tidak jauh-jauh dari yang namanya ram, prossesor dan VGA card. Ketiga komponen ini menjadi dasar untuk membeli sebuah komputer build atau laptop, ketiga komponen inilah menjadi hal yang sangat penting bagi para gamer.
Cara Menambah VRAM di Laptop dan PC

Dikarenakan ada beberapa game yang membutuhkan spesifikasi tinggi dari ketiga komponen tersebut. Namun dalam salah satu komponen tersebut yaitu VGA card ada yang namanya VRAM.
VRAM adalah singkatan dari Video Random Access Memory. merupakan jenis memori yang terdapat pada salah satu komponen video card.

Walau punya cara kerja yang mirip RAM, VRAM memiliki fungsi yang berbeda dari RAM. RAM berfungsi untuk menyimpan memori universal (mostly dari processor) sedangkan VRAM berfungsi untuk menyimpan data sementara dari video card.

Dalam beberapa game membutuhkan kapasitas VRAM tertentu untuk memainkan gamenya. Contohnya game PES 2013 keatas, dimana pada pada menu pengaturannya VRAM unable jika kapasitasnya tidak memenuhi syarat, alhasil ketika memainkan PES terasa lamban videonya ketika memainkannya.

Bagi kalian penggemar pes atau game lain dan mengalami kendala karena kapasitas VRAM kecil, admin tahu solusinya. Pada artikel Kali ini admin akan membahas Cara Menambah VRAM Laptop dan Komputer Dengan Mudah.

Sebelum kita menuju langkah menambah VRAM, ada baiknya kita bahas dulu jenis-jenis VRAM sebagai tambahan pengetahuan.

Walau fungsi utamanya sedikit berbeda dengan RAM, VRAM juga memiliki jenis-jenis seperti yang dimiliki RAM.

Jenis-jenis tersebut berbeda berdasarkan kapasitas clock speednya dan kapasitas bandwithnya. Untuk jenis VRAM nya  semakin tinggi kapasitasnya, akan semakin bagus juga kinerja VGA. Dan umumnya, ada beberapa jenis yang biasa ditemui, yaitu:
  • DDR2 Clock Speed dapat mencapai 800 Mhz atau lebih
  • DDR3 Clock Speed dapat mencapai 1800 Mhz atau lebih
  • GDDR5 Clock Speed dapat mencapai 6000 Mhz atau lebih
Itulah beberapa jenis VRAM untuk yang terbaru dan digunakan oleh para gammer profesional adalah VRAM GDDR6.Selain perbedaan clock speed, biasanya video card juga punya efisiensi daya yang berbeda-beda pada performa. Istilah kerennya watt to performance.

Setelah kita mengetahui jenis VRAM nya, maka kita menuju langkah selanjutnya yaitu menambah VRAM. Disini admin memberikan beberapa cara yang bisa kalian ikuti langkah-langkahnya.

Cara Menambah VRAM Laptop dan Komputer

1. Menambah Memory Ram

Yaps menambah memory ram, pada dasarnya VRAM yang terdapat pada vga onboard atau bisa dikatakan tergabung dengan prossesor, akan bertambah otomatis jika menambah ram. Contohnya ketika kalian memakai ram 2gb, VRAM kalian 460 mb. Maka ketika kalian menambah memori ram yang awalnya 2gb menjadi 4gb maka otomatis VRAM akan bertambah menjadi 765mb atau lebih.

2. Melalui Pengaturan Bios

Cara ini bisa dilakukan hanya pada laptop tertentu saja, pengaturan VRAM menggunakan pengaturan bios agar kita bisa mengatur mau menggunakan berapa kapasitas VRAM, menurut admin mungkin untuk menghemat daya.

Baca Juga:
Cara ini bisa kalian cek pada laptop kalian, caranya cukup mudah yaitu kalian masuk saja kedalam bios dan cari pengaturan video dan cari tulisan VRAM. Setelah menemukan yang dicari kalian pilih dan rubah VRAM nya. Admin tidak bisa menjelaskan secara spesifik karena beda laptop beda caranya, so kalian cari tahu detailnya sendiri ya.

3. Melalui Registry

Cara Menambah VRAM Untuk Main Game

Cara selanjutnya melalui registry menambah VRAM tidak hanya melalui menambah ram tetapi juga melalui registry, caranya seperti diabawah ini:
  • Pertama tekan tombol Windows+R
  • Kemudian kalian ketik regedit kemudian kalian klik Enter
  • Selanjutnya akan muncul jendela Registry Editor. Silakan masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE
  • Kemudian Geser ke bawah, cari folder sesuai dengan nama video card yang dipakai, lalu masuk ke folder tersebut
  • Di bagian kanan folder > klik kanan > pilih new > key baru > lalu buat dengan nama GMM
  • Di folder GMM > klik kanan lagi > New > DWORD (32-bit) value lalu beri nama DedicatedSegmentSize
  • Nah, silakan edit DedicatedSegmentSize dengan value data sesuai VRAM yang ingin ditambah. Misalnya ingin 1GB, setting jadi 1024
Ketika sudah semua dilakukan kalian klik ok, kemudian restart laptop atau komputer kalian dan lihat hasilnya.
Note: Jika Kalian Masih Ragu Dan Takut Terjadi Error Maka Tidak Perlu Mengikuti Langkah Ini

4. Melalui Pengaturan Page Size

Cara ini sama halnya seperti cara pertama, yaitu menambah salah satu komponen untuk menambah VRAM, namun yang ini sedikit berbeda yaitu kita menambah ramnya bukan dengan menambah ram yang sebenaranya, tetapi kita menambah ram melalui harddisk. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:
  • Pertama Klik kanan Computer > Pilih Properties > Lalu masuk ke Advanced System Settings
  • Kemudian Klik pada Opsi Change lalu pilih Tab Advance
  • selanjutnya hilangkan centang Automatically manage paging file size for all drives
  • Setelah itu atur manual page size sesuai kebutuhan
  • Kalau sudah, Apply lalu simpan hasilnya.
Oke itulah beberapa cara untuk menambah VRAM yang admin jelaskan pada artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan Goodluck!


EmoticonEmoticon