28 November 2019

Cara Menemukan Video Bebas Lisensi Copyright di Youtube

Fonetekno - Cara Menemukan Video Tanpa Copyright di Youtube. Salah satu sosial media dengan jumlah pengguna terbanyak perharinya, adalah Youtube. Di platform ini kita bisa menemukan berbagai macam video yang bisa kita lihat secara gratis dari seorang konten kreator. Bagi seorang konten kreator, kita harus bisa mencari bahan video yang bebas copyright agar video yang kita buat bisa di monetize.

Ada banyak Youtuber yang menggunakan video dari Youtube, lalu di edit kembali menjadi sebuah video yang lebih baru. Beberapa Youtuber terkenal yang menggunakan metode ini seperti, Calon Sarjana, YTCrash, Shiny Peanut dan masih banyak Youtuber lainnya.

Namun, jika kita ingin menggunakan sedikit video orang lain untuk ditampilkan di channel kita, juga harus berhati-hati, karena di Youtube ada yang namanya Copyright atau hak cipta. Dengan adanya hak cipta kita tidak bisa dengan bebas mengambil video orang, biasanya Youtube memberikan batas berapa detik video yang bisa kita gunakan, atau istilahnya Fair Use.

Nah, agar tidak tersandung masalah seperti pelanggaran hak cipta, maka perlu bagi kita untuk memilih dan memilah manakah video yang bisa digunakan untuk keperluan video kita, nah di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menemukan video yang bebas lisensi copyright di Youtube.

Cara Menemukan Video Bebas Lisensi Copyright di Youtube

Jika kita ingin mengetahui, apakah video yang kita lihat bebas copyright atau tidak, kita bisa melihat nya pada bagian deskripsi.
Cara Menemukan Video Bebas Copyright di Youtube

Nah, jika video tersebut memiliki label Creative Commons Attribution Lincese (reuse allowed), itu berarti video dengan label seperti ini bisa digunakan dengan bebas, namun kita harus mengeditnya dan hanya boleh menggunakan beberapa detik saja, kita tidak boleh mengupload ulang atau memakai secara penuh video tersebut.

Selain itu, kita juga perlu menambahkan tautan atau credit yang mengarah ke sumber video tersebut, namun selain cara diatas, kita bisa juga menggunakan fitur filter atau penyaringan agar bisa lebih mudah menemukan video yang bebas hak cipta.

Mencari Video Bebas Copyright di Youtube

Disini kita akan menggunakan fitur bawaan dari Youtube, caranya sangat mudah.
  1. Pertama buka situs Youtube.com
  2. Setelah itu masukkan kata kunci di kolom pencarian.
  3. Setelah itu pada kolom Filter pilih menu Creative Commons seperti gambar dibawah.
Cara Menemukan Video Bebas Copyright di Youtube
Baca Juga:
Setelah itu anda akan menemukan banyak video dengan tipe Creative Commons, itulah sedikit tutorial bagaimana cara menemukan atau mencari video bebas copyright di Youtube, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon