10 November 2019

Cara Mengatasi Black Screen Pada Windows 10

Fonetekno - Memperbaiki Black Screen Pada Windows 10. Sistem operasi merupakan hal penting yang harus ada pada laptop maupun PC, dari yang beredar sistem operasi ada berbagai macam seperti linux, windows, macintosh.
Black Screen Windows 10

Terkhusus sistem operasi windows merupakan sistem operasi yang banyak diguanakan oleh user PC maupun laptop.

Maka tak heran banyak sekali versi windows yang sudah beredar dimulai dari windows XP, windows 7,windows vista, windows 8, windows 8.1 dan yang terakhir windows 10.

Bagi kalian pengguna windows 10, beberapa diantara kalian pasti pernah mengalammi black screen di windows 10. Yaitu layar hitam yang terjadi dikarenakan sejumlah alasan, baik karena hardware maupun softwarenya.

Nah pada artikel kali ini admin akan membahas Cara Mengatasi Black Screen Pada Windows 10. sebelum kita lanjut ke penyelesaian masalah blackscreen. Ada baiknya kita mengetahui mengapa hal itu terjadi.

Oke seperti yang dijelaskan sebelumnya ada dua kemungkinan yang menjadi alasan kenapa terjadi masalah blackscreen. Yaitu masalah hardware dan softwarenya, masalah pada hardware biasanya terjadi pada VGA dan untuk masalah software biasanya terjadi pada driver VGA maupun masalah pada sistem operasoi itu sendiri.Oke setelah kita tahu penyebabnya apa let’s to do next solution.

Cara Mengatasi Black Screen Pada Windows 10

1. Mencabut VGA Dan Memasangnya Kembali (PC)


Pertama kali yang harus kalian lakukan adalah mereplace VGA. Cara ini bisa kalian lakukan hanya pada PC yang memiliki VGA non onboard. Caranya cukup mudah kalian hanya perlu membuka penutup casing dan kalian cabut VGA dan masukan kembali. Bisa juga kalian bersihkan kuningan VGA dengan penghapus yang bersih atau tisu kering.

2. Merefresh VGA

Inilah solusi pertama yang admin tawarkan, yaitu merefresh VGA. Caranya cukup mudah kalian hanya perlu menggunakan kombinasi tombol keyboard yaitu “ Tombol Bergambar Windows + Ctrl + Shift + B” cara ini bisa memperbaiki masalah ringan termasuk blackscreen.

3. Pendeteksian Display

Cara kedua ini juga cukup mudah yaitu kalian hanya perlu menekan tombol “ Windows + P “ hal ini dilakukan untuk mengecek apakah laptop atau PC kalian tidak berada dalam menu PC screen only. Jika laptop atau PC kalian tidak berada dalam menu PC screen only kalian cukup mengklik tulisan PC screen only.

Baca Juga:

4. Masuk Kedalam Safe Mode

  • Pertama kalian Klik Troubleshoot
  • Kemudian kalian Pilih Advanced
  • Selanjutnya klik Startup Settings
  • Kemudian Lakukan Restart
  • Pada Startup setting pilih Enable Safe Mode with Networking (4)
  • Kemudian kalian Tunggu proses booting sampai muncul menu start dengan background hitam
  • Ketika sudah muncul dalam dekstop Klik Menu Start > Device Manager >Display Adapters
  • Selanjutnya Klik kanan pada VGA anda kemudian pilih > Roll Back Driver
  • Maka akan muncul notifikasi Pilihan alasan mengapa Anda Roll Back Driver (pilih opsi apa saja).
  • Kemudian Klik Yes
  • Terakhir kalian Restart Komputer atau laptop
Itulah beberapa solusi yang bisa admin bahas pada artikel kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan Goodluck!


EmoticonEmoticon