29 November 2019

Cara Mengatasi Obtaining IP Address Saat Connect WiFi

Fonetekno - Mengatasi Obtaining IP Address. Jika sering menggunakan wifi tentu tidak asing dengan namanya obtaining IP Address. Benar sekali obtaining IP Address biasanya muncul ketika kita akan menghubungkan HP kita ke wifi.
Mengatasi Obtaining IP Address

Obtaining IP Address sendiri memiliki makna proses pengambilan IP (identitas suatu jaringan) ketika HP akan terkonek ke perangkat wifi.

Jadi lebih jelasnya ketika kita menghidupkan wifi di hp, lalu kemudian di konek kan ke jaringan wifi yang tersedia. maka ketika hendak terkonek, HP kalian akan mengambil IP dari perangkat wifi.

Jika berhasil perangkat wifi akan mengenali IP address kalian dan akhirnya kalian akan di izinkan untuk terkoneksi dengan wifi oleh sistem.

Kurang lebih seperti itu penjelasan dari admin, jika kalian belum paham dengan penjelasan admin kalian bisa lihat di google.

Nah pada prosses obtaining ini kadang kala terjadi masalah yang dialami oleh berbagai pengguna, seperti failed to obtain IP Address. Efek dari masalah ini HP kalian tidak bisa terkoneksi dengan perangkat wifi karena pada saat pengambilan IP mengalami kendala.

Dari apa yang admin ketahui penyebab dari masalah ini beragam, namun yang paling sering ditemui sperti:
  • Sistem sedang error
  • Konfigurasi router salah
  • Sinyal WIFI kurang bagus
  • Dan sebab lainnya
Jika kalian mengalami hal ini admin punya solusinya, karena pada artikel kali ini admin akan membahas Cara Mengatasi Obtaining IP Address Saat Connect WIFI. Langkah-langkahnya bisa kalian lihat dibawah ini.

Cara Mengatasi Obtaining IP Address Saat Connect WiFi

1. Melakukan Koneksi Ulang Ke Wifi

Mengatasi Obtainin IP Address

Cara pertama yang admin tawarkan adalah melakukan konek/menyambungkan ulang ke wifi. Cara ini dilakukan karena bisa jadi wifi yang akan kalian sambungkan mengalami perubahan IP, sehingga kalian harus mengambil IP baru. Untuk caranya cukup mudah yaitu kalian hanya perlu tekan wifi yang kalian sambungkan, kemudian kalian pilih lupakan jaringan/forget. Setelah itu kalian konekkan ulang.

2. Menggunakan IP Static

Pada dasarnya pada HP android settingan wifinya adalah “DHCP” atau bahasa simpel anak TKJ, menyesuaikan IP HP terhadap Router wifi secara otomatis. Nah kadang kala menggunakan sistem “DHCP” ini mengalami error ketika mengambil IP router wifi. Maka dari itu kita harus menyeting manual meggunakan sistem IP statik, untuk langkah-langkahnya dibawah ini:
  • Pertama kalian buka Setelan Android
  • Kemudian buka menu WIFI
  • Selanjutnya kalian klik wifi Yang Sudah Kalian Sambungkan dan tahan hingga muncul Opsi
  • Kemudian kalian pilih Ubah Jaringan
  • Selanjutnya kalian klik menu yang bertuliskan “DHCP” dan pilih statik
  • Terakhir kalian isikan IP sesuai dengan gateway Router wifi (nomor IP paling belakang kalian isikan angka 8 ataupun lebih dari 2)
  • Setelah kalian mengisi IP dan semuanya kalian klik Simpan

3. Memeriksa Sinyal Wifi

Cara ini mudah kalian hanya perlu melihat kekuatan sinyal wifi, jika lemah maka kalaian hanya perlu mendekati router wifi. Karena jika sinyal wifi lemah maka HP kalian sulit untuk mengambil IP router wifi.

4. Reset HP (Tidak Direkomendasikan)

Cara ini adalaha cara terakhir, tetapi ada beberapa hal yang harus kalian lakukan sebelum mereset HP yaitu:
1. Kalian cek apakah HP lain bisa konek ke wifi yang kalian inginkan
2. Coba kalian konekan HP kalian ke wifi lain apakah bisa

Jika masih belum bisa juga, anda bisa melakukan proses hard reset, di blog ini saya sudah menyediakan banyak tutorial hard reset dari berbagai merk, seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme ataupun Samsung.

Baca Juga:
Mungkin itu saja pembahasan pada artikel kali ini yang membahas Cara Mengatasi Obtaining Ip Address Saat Connect Wifi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian 


EmoticonEmoticon